Jakarta (ANTARA News) - Sistem operasi Android tetap memimpin di pasar smartphone dalam periode tiga bulan hingga Februari 2013, sementara Samsung berhasil meningkatkan pangsa pasarnya.

Dengan mengusai lebih dari setengah (51,2%) dari total penjualan smartphone global, pangsa pasar Android telah tumbuh 5,8 persen dibanding periode sama tahun lalu, menurut perusahaan riset Kantar Worldpanel ComTech dalam laporan riset terbarunya.

Sementara posisi kedua dipegang sistem operasi dari Apple, iOS, yang mengambil bagian 43,5 persen dari total penjualan smartphone global.

Meski berada di urutan kedua, menurut Kantar, pangsa pasar iOS telah turun 3,5 persen basis poin dibanding pada tahun lalu.

Windows melanjutkan membuat peningkatan dengan lebih dari 4,1 persen dari total penjualan smartphone global.

Sementara dalam kategori operator, Kantar menyampaikan bahwa Verizon masih memimpin dengan menguasai 35 persen penjualan smartphone, diikuti AT&T, dan Sprint berada di tempat ketiga dengan 15 persen.

Analis Kantar Worldpanel Comtech, Mary-Ann Parlato, menyatakan,"Bulan lalu kami melihat bahwa peningkatan Android berkat peningkatan besar dalam penjualan Samsung melalui Sprint. Sedangkan bulan ini kenaikan untuk Samsung kurang diucapkan, kita masih melihat peningkatan serapan dari merek, yang kini berdampak pada pangsa keseluruhan Sprint dalam penjualan smartphone."

Itu berkat penurunan harga Samsung pada akhir 2012 yang membuat pengguna berbagai smartphone dan featurephone beralih ke perangkat Samsung.

"Dari mereka beralih ke smartphone Samsung selama setahun terakhir, 19% di antaranya sebelumnya pemilik featurephone Samsung, 15% pemilik smartphone HTC, 14% pengguna satu featurephone LG, 10% pengguna smartphone Samsung, dan 9% pengguna BlackBerry," katanya.

"Ini jelas bahwa Samsung berhasil menggaet pengguna dari seluruh set pesaing dan tidak hanya mendapatkan dari loyalis mereka sendiri, (meskipun loyalitas terhadap Samsung juga telah tumbuh)," kata Parlato.

Dari mereka yang membeli Samsung pada tahun lalu, 52% membeli Galaxy S III, 21% Galaxy SII dan 5% Galaxy Note II.    

Pewarta: Suryanto
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2013