Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono terus mencermati laporan mengenai peningkatan aktivitas di Gunung Dieng.

"Saya terus mengikuti laporan terkini status Gunung Dieng," kata Agung Laksono ketika dihubungi ANTARA dari Jakarta, Selasa.

Agung menjelaskan, hingga saat ini petugas di lapangan terus mengawasi peningkatan aktivitas yang terjadi.

"Gempa vulkanik masih terus terjadi dan petugas di lapangan terus mengawasi dari posko pengamatan Gunung Dieng," katanya.

Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menambahkan, hingga saat ini tercatat telah terjadi empat kali gempa vulkanik dalam dan tiga kali gempa vulkanik dangkal.

Sutopo menambahkan, hingga saat ini cuaca di sekitar Dieng dilaporkan cerah dan angin bertiup dengan kecepatan sedang dari Timur.

"Tampak asap putih tebal dengan tekanan lemah dan ketinggian 40 hingga 100 merer dari Kawah Timbang di Dusun Searang yang berlokasi 1,2 kilometer arah Barat Kawah Timbang," katanya.

Dia menambahkan, instansi terkait telah merekomendasikan agar tidak ada aktivitas masyarakat pada jarak 1.000 meter dari Kawah Timbang.

"Kami terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan larangan masuk pada radius 1.000 meter sudah dilakukan," katanya. (W004/M009)

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2013