Islamabad (ANTARA) - Associated Press of Pakistan (APP), yang dikelola oleh pemerintah Pakistan, meluncurkan layanan berita berbahasa Mandarin pertama di negara Asia Selatan itu untuk meningkatkan hubungan persahabatan antara Pakistan dan China.

Layanan yang baru diluncurkan ini akan mempublikasikan berita-berita internasional, domestik, dan yang berkaitan dengan China dalam bahasa Mandarin, kata editor di China News Desk kepada Xinhua pada Kamis (3/8).

Furqan Rao, koresponden diplomatik senior yang bertanggung jawab atas layanan berita berbahasa Mandarin di APP, mengatakan bahwa organisasinya telah menerbitkan berita dalam bahasa Inggris, Urdu, dan bahasa-bahasa lokal lainnya di Pakistan

Tujuan dasar dari layanan ini adalah untuk mengabarkan kepada masyarakat China tentang Pakistan, perkembangannya, budayanya, dan kemajuan Koridor Ekonomi China-Pakistan (China-Pakistan Economic Corridor/CPEC), tutur Rao kepada Xinhua. Dia menambahkan bahwa layanan baru ini juga akan berperan sebagai salah satu platform untuk melawan propaganda palsu tentang CPEC serta Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra.

Diluncurkan pada 2013, CPEC, proyek unggulan dari Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra usulan China, merupakan koridor yang menghubungkan Pelabuhan Gwadar di Pakistan barat daya dengan Kashgar di Daerah Otonomi Uighur Xinjiang, China barat laut. Proyek ini menyoroti kerja sama energi, transportasi, dan industri.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2023