Jayapura (ANTARA) - Komando Daerah Militer XVII/Cenderawasih siap membantu mengamankan gudang logistik yang rencananya dibangun Badan Nasional Penanggulangan Bencana di Agandugume, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Pegunungan.

Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayor Jenderal TNI Izak Pangemanan di Jayapura, Jumat sore, mengatakan rencana pembangunan gudang logistik di Agandugume itu terungkap saat kunjungan kerja Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Kemanusiaan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Suharyanto ke Sinak, Kabupaten Puncak, Kamis (3/8).

Untuk mendukung rencana tersebut, Kodam XVII/Cenderawasih berencana membangun pos di kawasan tersebut mengingat saat ini belum ada pos keamanan sama sekali.

Dengan dibangunnya gudang logistik itu, diharapkan kasus bencana kelaparan akibat cuaca ekstrem di Kabupaten Puncak tidak terjadi lagi karena insiden itu sering terjadi di wilayah pegunungan.

"Gudang logistik diharapkan jadi solusi saat wilayah itu terjadi bencana kelaparan akibat cuaca ekstrem," kata Pangdam.

Baca juga: Menko PMK ajak masyarakat jaga pembangunan lumbung pangan di Puncak

Dari laporan yang diterima, tambah Pangdam, terungkap bencana kelaparan itu mulai terjadi pada Mei hingga puncaknya bulan Agustus yang disebabkan suhu udara sangat dingin hingga mengakibatkan tanaman busuk dan mati.

Faktor cuaca itulah yang mengakibatkan penduduk mengalami kesulitan pangan sehingga pembangunan gudang logistik diharapkan dapat merespons dengan cepat apabila terjadi bencana serupa.

Dampak cuaca ekstrem itu membuat banyak penduduk Agandugume dan Lambewi yang mengungsi ke sejumlah wilayah sekitarnya, seperti ke Sinak (Kabupaten Puncak) dan Kuyawage (Kabupaten Lanny Jaya). Jarak tempuh dari Agandugume ke Sinak sekitar dua hari dengan berjalan kaki.

Menurut informasi, dampak cuaca ekstrem yang terjadi di Agandugume dan Lambewi juga mengakibatkan enam orang meninggal dunia, salah satunya bayi yang lahir prematur.

"Kodam XVII Cenderawasih akan membantu pengamanan, walaupun kedua distrik itu merupakan daerah perlintasan KKB (kelompok kriminal bersenjata)," kata Pangdam seraya menambahkan Pemkab Puncak sudah menyiapkan lahan untuk lokasi pembangunan gudang logistik.

Baca juga: Mensos dirikan lumbung sosial tingkatkan ketahanan pangan Papua Tengah
Baca juga: Kepala BNPB-Menko PMK bantu tangani kelaparan Kabupaten Puncak Papua
Baca juga: Kunjungan Menko PMK dan Kepala BNPB ke Sinak berlangsung aman

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2023