Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat menyelenggarakan tes kebugaran terhadap pegawainya di halaman parkir timur Kantor Wali Kota untuk mendeteksi dini adanya penyakit, Jumat.

"Tes kebugaran meliputi tensi/ tekanan darah, ukur berat badan-pinggang-perut, cek gula darah, dan lainnya," kata Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat (Jakbar), Asri Yunita saat ditemui di lokasi.

Ia menyebut tes kebugaran tersebut ditujukan untuk mendeteksi dini penyakit-penyakit seperti hipertensi, diabetes. dan lainnya.

"Tujuannya agar bisa diketahui lebih cepat adanya penyakit dan karyawan tetap bugar, sehingga dalam melaksanakan tugas-tugasnya tetap maksimal," ucap Asri saat ditemui wartawan di lokasi.

Pihaknya mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) untuk rutin berolahraga, mengikuti tes kebugaran, dan selalu menerapkan pola hidup sehat.

"Kegiatan ini juga dalam rangka meningkatkan produktivitas kerja karyawan kantor wali kota Jakarta Barat," ujarnya.

Kegiatan tersebut melibatkan sekitar 20 petugas gabungan Sudin Kesehatan Jakbar dan Puskesmas Kecamatan Kembangan.

Selain tes kebugaran, pada kesempatan tersebut juga digelar senam kesegaran jasmani (SKJ) dan olahraga mandiri.

Para pegawai melakukan lari kecil atau jalan cepat sesuai kemampuan sepanjang 1.600 meter sebanyak 10 kali dari depan Walkot Farm hingga sebelum masjid Assahara dan kembali ke Walkot Farm.
Baca juga: Pemkot Jakbar kembali tambal lembar besi JPO yang hilang di Cengkareng
Baca juga: Pemkot Jakbar segera merekayasa lalu lintas sekitar RSUD Cengkareng 
Baca juga: Pemkot Jakbar lakukan pendataan untuk tingkatkan pajak daerah

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2023