Bengaluru (ANTARA) - Saham Inggris bergerak lebih rendah pada awal perdagangan Senin, tertekan oleh perusahaan penambang kelas berat, sementara saham Unite Group jatuh ke bagian bawah indeks setelah penurunan peringkat.

Indeks saham-saham unggulan atau blue-chips FTSE 100 yang berorientasi ke pasar luar negeri naik tipis 0,3 persen pada pukul 07.12 GMT. Indeks mencatat kerugian mingguan pada Jumat (4/8/2023), menghentikan kenaikan beruntun tiga minggu.

Pekan lalu investor menilai kenaikan suku bunga seperempat poin persentase yang diperkirakan secara luas dari Bank Sentral Inggris, data menunjukkan aktivitas bisnis yang melambat di seluruh Eropa dan penurunan peringkat kredit AS yang mengejutkan.

Baca juga: Saham Inggris berakhir positif, indeks FTSE 100 menguat 0,47 persen

Logam industri dan sektor pertambangan turun 0,7 persen pada awal perdagangan, mengikuti penurunan harga tembaga.

Saham penyedia akomodasi siswa, Unite Group, tergelincir 1,8 persen ke dasar indeks FTSE 100 setelah RBC Capital Markets memangkas peringkat sahamnya menjadi "sector perform" dari "outperform".

Indeks saham-saham berkapitalisasi sedang atau mid-caps FTSE 250 yang lebih fokus ke pasar dalam negeri melemah 0,2 persen.

Baca juga: Saham Inggris jatuh terseret penambang menuju kerugian mingguan

Baca juga: Saham Inggris berbalik melemah, indeks FTSE 100 jatuh 0,43 persen

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2023