Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia selama Juni 2023 mencapai  1,06 juta kunjungan atau naik 11,44 persen dibandingkan Mei 2023 (month to month).
 
“Kunjungan wisman kebangkitannya sangat kuat, jadi ini bulan ke bulan (month to month) kenaikannya signifikan,” ujar Sandiaga dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang dipantau secara daring di Jakarta, Senin.
 
Berdasarkan data yang dipaparkan, kunjungan wisman ke Indonesia bulan Juni didominasi kunjungan dari Singapura sebesar 174.443, Malaysia sebesar 168.759 kunjungan, disusul Australia sebesar 132.478 kunjungan serta India sebesar 68.853 kunjungan.
 
Sementara untuk perjalanan wisatawan nusantara (wisnus) pada semester I 2023 mencapai 433,57 juta perjalanan, atau naik sebesar 12,57 persen dibandingkan dengan semester I 2022 secara kumulatif.
 
Perjalanan wisnus, lanjut dia, didominasi perjalanan wisata di Pulau Jawa yakni Jawa Timur sebesar 26,9 persen, Jawa Tengah sebesar 17,14 perjalanan, Banteng 4,8 persen dan 6 persen lebih untuk DKI Jakarta.
 
Dengan capaian pergerakan wisatawan nusantara yang belum menunjukkan performa memuaskan meski sudah didorong dengan adanya libur lebaran serta libur lainnya, Sandiaga menyebut pihaknya siap meningkatkan program promosi dan kolaborasi dengan berbagai mitra dan pemengaruh melalui sejumlah destinasi wisata Indonesia seperti desa wisata serta lima destinasi pariwisata super prioritas (DPSP).
 
“Kami ingin wisnus menjadi fokus karena kita memiliki keunggulan desa wisata dan DPSP harus kita arahkan untuk program pariwisata berkelanjutan yang ditopang wisatawan nusantara targetnya 1,2-1,4 miliar pergerakan pada 2023.
 
Ia juga mengimbau peran serta pemerintah daerah untuk lebih aktif promosikan dan ciptakan kegiatan-kegiatan untuk memasarkan pariwisata secara totalitas dan mendorong untuk melakukan kerja sama terintegrasi dalam bingkai Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

Baca juga: BPS: Kunjungan wisman Juni 2023 capai 1,06 juta 
Baca juga: Menparekraf: Target wisman ke Borobudur 2 juta kunjungan per tahun

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2023