Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa menguat pada awal perdagangan Rabu, dengan pemberi pinjaman Italia rebound dari kerugian tajam di sesi sebelumnya setelah pemerintah melonggarkan pendiriannya pada pajak baru perbankan.

Pada pukul 07.05 GMT, indeks STOXX 600 pan-Eropa menambahkan 1,0 persen untuk menyentuh level tertinggi satu minggu.

Bank-bank zona euro terangkat 1,4 persen setelah kemerosotan 3,5 persen sehari sebelumnya, karena Italia menetapkan batas 0,1 persen dari total aset bank untuk pajak baru, setelah pengumuman mengejutkan pajak rejeki nomplok atau keuntungan luar biasa sebesar 40 persen pada pemberi pinjaman memicu aksi jual.

Pemberi pinjaman Italia seperti Intesa Sanpaolo, Banco BPM dan UniCredit menambahkan antara 1,7 persen dan 2,5 persen.

Investor juga tampaknya mengabaikan data yang menunjukkan sektor konsumen China jatuh ke dalam deflasi dan harga gerbang pabrik memperpanjang penurunan pada Juli, karena ekonomi terbesar kedua di dunia itu berjuang untuk menghidupkan kembali permintaan.

Di antara saham individu, Delivery Hero melonjak 5,8 persen setelah perusahaan makanan takeaway online Jerman itu menaikkan prospek pendapatan setahun penuh.

Novo Nordisk menguat 0,5 persen, memperpanjang keuntungan dari Selasa (8/8/2023) ketika saham pembuat obat yang berbasis di Denmark itu mencapai rekor penjualan tertinggi setelah mengatakan obat obesitasnya mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca juga: Saham Eropa dibuka melemah tertekan bank-bank Italia dan data suram
Baca juga: Saham Eropa dibuka tergelincir, investor tunggu data inflasi utama

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2023