Xian, China (ANTARA News) - Pemerintah Kota Chengdu, China berharap Indonesia segera membuka konsulat jenderal di kota tersebut untuk lebih mempererat hubungan kerja sama kedua pihak.

"Indonesia dan China telah memilliki hubungan kerja sama yang semakin baik. Demikian pula hubungan antara Indonesia dengan Pemerintah Kota Chengdu yang dari waktu ke waktu semakin baik," kata Wakil Dirjen Urusan Luar Negeri Kota Chengdu Liang Wanqing di Xian, Provinsi Shaanxi, China, Sabtu.

Saat bertemu Duta Besar RI untuk China merangkap Mongolia Imron Cotan, ia mengatakan dengan adanya perwakilan Indonesia di Chengdu, maka hubungan dan kerja sama kedua pihak dapat diperluas dan ditingkatkan di masa datang.

Liang menekankan dengan adanya perwakilan Indonesia di Chengdu maka akan membantu mempromosikan segala peluang investasi yang ada di kedua pihak, sehingga kerja sama ekonomi antara Chengdu dan Indonesia juga akan semakin meningkat.

Ia juga mengatakan hingga kini Chengdu telah memiliki hubungan yang baik dengan Indonesia antara lain dengan menjalin kerja sama kota kembar dengan Medan, Sumatera Utara.

"Banyak kerja sama yang telah dilakukan antara Chengdu dan Medan sebagai kota kembar," kata Liang.

Menanggapi itu Imron Cotan mengatakan untuk membuka sebuah perwakilan di suatu negara atau kota di negara tertentu, memerlukan pertimbangan yang matang dari berbagai aspek.

"Perlu pertimbangan yang matang, misal apakah keberadaan perwakilan itu benar-benar dapat meningkatkan hubungan dan kerja sama kedua pihak di berbagai bidang baik, ekonomi, sosial maupun budaya," katanya.

Imron menambahkan perlu ada komitmen yang kuat pula dari kedua pihak untuk mendirikan sebuah perwakilan.

"Untuk membuka konsulat jenderal di Shanghai pun kami tidak bisa melakukannya secara cepat, perlu kematangan, komitmen dan kesiapan dari kedua pihak," ungkapnya.

Ia juga mengatakan perwakilan pemerintah Indonesia dan perwakilan Chengdu di Indonesia juga harus mampu membuka peluang usaha bagi para pebisnis kedua pihak.

"Karena itu, semua harus dilakukan berdasar pertimbangan yang matang untuk pendirian sebuah perwakilan Indonesia, termasuk di Chengdu. Jika komitmen kedua pihak sudah semakin kuat, maka keberadaan perwakilan itu akan benar-benar memberikan manfaat bagi kedua pihak," katanya.

Pewarta: Rini Utami
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013