Tokyo (ANTARA) - Dolar bertahan di dekat pusat kisarannya minggu ini terhadap sekeranjang mata uang utama di awal sesi Asia pada Kamis, karena investor menunggu data inflasi utama AS hari ini yang dapat mempengaruhi jalur kebijakan Federal Reserve.

Mata uang AS naik tipis ke level tertinggi satu bulan versus yen karena pasar berpandangan bahwa Bank Sentral Jepang (BoJ) akan lambat keluar dari stimulus, bahkan ketika sebagian besar pedagang bertaruh Fed selesai dengan kenaikan suku bunga.

Dolar Australia dan Selandia Baru melayang mendekati posisi terendah dua bulan di tengah prospek ekonomi yang memburuk untuk mitra dagang utama China.

Yuan ditarik sedikit lebih jauh dari palung satu bulan setelah Bank Sentral China (PBoC) kembali menetapkan nilai tukar resmi yang lebih kuat dari perkiraan sebagai tanda ketidaksenangan atas pelemahan baru-baru ini

Indeks dolar AS - yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, termasuk euro dan yen - sedikit berubah di 102,50 pada pagi Asia, setelah diperdagangkan secara kasar antara 101,98 dan 102,80 minggu ini.

Baca juga: Rupiah pada Kamis pagi melemah jadi Rp15.207 per dolar AS

Baca juga: Yuan terkerek 12 basis poin menjadi 7,1576 terhadap dolar AS


Dolar telah diuntungkan dari permintaan safe-haven setelah data ekonomi China yang buruk berlanjut, sementara narasi terus berkembang untuk soft landing bagi ekonomi AS karena tekanan harga mereda.

Ekonom Wall Street memperkirakan indeks harga konsumen (IHK) inti naik 4,8 persen tahun-ke-tahun pada Juli, tidak berubah dari bulan sebelumnya.

Pasar uang saat ini memiliki peluang 86,5 persen bagi The Fed untuk membatalkan kenaikan suku bunga lainnya pada pertemuan September, dan memperkirakan langkah selanjutnya sebagai pemotongan, kemungkinan pada musim semi tahun depan.

Namun, kenaikan harga minyak mentah, yang mencapai level tertinggi sejak Januari semalam, telah mengaburkan prospek tersebut, menurut analis pasar IG, Tony Sycamore.

"Lonjakan harga energi secara resmi adalah awal baru di China, mengancam akan mematahkan narasi disinflasi/soft landing," tulis Sycamore dalam catatan klien.

"Mengingat reli harga energi baru-baru ini, kami pikir angka inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan malam ini akan lebih tidak disukai, dan pasar akan cenderung mengabaikan angka 'baik'."

Dolar sedikit berubah pada 143,79 yen, setelah sebelumnya melayang ke level tertinggi sejak 7 Juli di 143,90.

Terlepas dari keputusan BoJ untuk melonggarkan kendali atas imbal hasil jangka panjang pada akhir bulan lalu, para pembuat kebijakan telah menekankan bahwa perubahan itu adalah perubahan teknis yang bertujuan untuk memperpanjang umur stimulus, terutama ditentukan oleh suku bunga negatif jangka pendek.

"Data pendapatan tunai tenaga kerja Jepang yang lemah awal pekan ini telah meningkatkan keyakinan kami bahwa BoJ akan membiarkan suku bunga tidak berubah di negatif 0,1 persen selama sisa tahun ini," tulis ahli strategi Commonwealth Bank of Australia Kristina Clifton dalam sebuah catatan.

"Prospek kebijakan moneter relatif antara AS dan Jepang menunjukkan dolar/yen kemungkinan akan tetap didukung."

Di tempat lain, euro hampir datar di 1,09695 dolar, setelah diperdagangkan dalam kisaran 1,0930-1,1042 dolar yang semakin sempit sejak Jumat lalu (4/8/2023).

Di tempat lain, yuan China naik sekitar 0,1 persen menjadi 7,2235 per dolar dalam perdagangan di luar negeri setelah PBoC menetapkan kurs tengah resmi yang lebih kuat daripada konsensus pasar untuk hari kedua. Yuan di luar negeri merosot ke level terlemah sejak 7 Juli di 7,2514 pada Selasa (8/8/2023).

Data pada Rabu (9/8/2023) menunjukkan ekonomi China tergelincir ke dalam deflasi bulan lalu, setelah laporan hari sebelumnya menunjukkan kemerosotan yang lebih besar dari perkiraan baik untuk impor maupun ekspor.

Semalam, Presiden AS Joe Biden menandatangani perintah eksekutif yang melarang beberapa investasi baru AS di China dalam teknologi sensitif seperti semikonduktor.

Aussie, yang cenderung mengikuti yuan dengan cermat minggu ini, sedikit berubah di 0,6530 dolar AS, dari palung Selasa (8/8/2023) di 0,6497 dolar AS, level terendah sejak 1 Juni.

Kiwi Selandia Baru datar di 0,6053 dolar AS, sedikit di atas level terendah Selasa di(8/8/2023) di 0,6035 dolar AS, yang merupakan level terlemah sejak 8 Juni.

Baca juga: Dolar hampir datar karena investor tunggu laporan inflasi AS

Baca juga: Dolar turun di Asia karena sentimen risiko membaik, China dukung yuan

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2023