Ponorogo, Jatim (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur mulai menyusun daftar formasi 912 lowongan tenaga PPPK (Pegawai Pemerintah dan Perjanjian Kerja) daerah itu, sebagaimana pengajuan dan telah disetujui oleh Badan Kepegawaian Nasional.

"Tahapan penjaringan sedang kami persiapkan," kata Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Ponorogo, Andi Susetyo, di Ponorogo, Kamis.

Tak hanya untuk lulusan sarjana dan diploma, formasi lowongan juga disediakan untuk lulusan SMA sederajat.

Mereka akan ditempatkan untuk mengisi 15 lowongan tenaga teknis di satuan polisi pamong praja (satpol pp) dan dinas pertanian, ketahanan pangan dam perikanan.

"Untuk di Satpol nanti di unit pemadam kebakaran, kalau di pertanian ketahanan pangan dan perikanan nanti ditempatkan di UPT Perikanan Budidaya Air Tawar di Desa Sedah, Kecamatan Jenangan," paparnya.

Khusus untuk unit pemadam kebakaran, Andi menyebut ada lima lowongan.

Sedangkan untuk di UPT Perikanan Budidaya Air Tawar sebagai Pemula Teknisi Akuakultur membutuhkan sebanyak 10 orang.

Andi juga menambahkan, lowongan PPPK bagi lulusan SMA sederajat memang baru tahun ini. Oleh sebab itu, pihaknya memperkirakan peminat untuk lowongan tersebut akan membludak.

"Apalagi yang pemadam kebakaran itu, syaratnya hanya SMA garing (garis miring) sederajat," ujarnya.

Namun soal detil jadwal maupun tahapan penjaringan tenaga PPPK itu, Andy mengaku masih menunggu juklak-juknis dari BKN.

"Nanti kita tunggu teknisnya. Apakah ada syarat tambahan untuk bisa melamar di dua jabatan dengan syarat lulusan SMA ini," katanya.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2023