Jakarta (ANTARA News) - Komunitas peduli Sungai Ciliwung berupaya melestarikan pohon-pohon lokal yang mulai langka dan tumbuh di sekitar sungai, sejak akhir 2012, kata Sudirman Asun dari "Ciliwung Institute" di Jakarta, Selasa.

Di lokasi pembibitan "Ciliwung Nursery" seluas satu hektare di kawasan Bojong Gede, mereka mengembangkan bibit lokal, antara lain gandaria, menteng, jamblang, pucung, kemang, duku dan salak Condet yang kini sulit ditemui.

"Kita masih coba memberi pendekatan mengajak masyarakat untuk melakukan pembibitan dengan bibit gratis. Masyarakat juga cukup antusiastis menanam pohon lokal," kata Sudirman.

Warga antusiastis menanam bibit pohon dan melestarikan tanaman lokal yang juga dianggapnya sebagai ajang nostalgia  semasa kecil mengenal tanaman tersebut.

Komunitas Ciliwung adalah gabungan berbagai elemen masyarakat seperti relawan, mahasiswa, pelajar, kelompok usaha, masyarakat setempat dan warga lai yang peduli lingkungan alam dan sosial budaya Condet di bantaran Sungai Ciliwung.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2013