Singapura (ANTARA) - Yen bergejolak di awal sesi Asia pada Senin, setelah tergelincir ke level terendah tahun ini terhadap dolar, menembus level kunci 145 karena para pedagang dengan hati-hati mencari petunjuk tentang kemungkinan intervensi, sementara dolar naik menyentuh level tertinggi lebih dari satu bulan.

Yen Jepang melemah ke level 145,22 per dolar pada jam-jam awal Asia, level terendah sejak 10 November 2022 sebelum berbalik arah dengan cepat. Yen terakhir di 144,96 per dolar, datar pada hari ini.

Imbal hasil rendah Jepang telah membuat mata uang ini menjadi sasaran empuk bagi short-seller dan pendanaan perdagangan, dengan melebarnya kesenjangan suku bunga antara Jepang dan Amerika Serikat yang menyebabkan pelemahan yen yang terus-menerus.

Baca juga: Yuan terpangkas 99 basis poin menjadi 7,1686 terhadap dolar AS

Yen telah turun sekitar 20 persen sejak Federal Reserve mulai dengan cepat menaikkan suku bunga untuk memerangi lonjakan inflasi pada Maret 2022, sementara Bank Sentral Jepang (BoJ) tetap terjebak dalam sikap yang sangat akomodatif.

Jepang melakukan intervensi di pasar mata uang September lalu ketika dolar naik melewati 145 yen, yang mendorong Kementerian Keuangan untuk membeli yen dan mendorong pasangan ini kembali ke sekitar 140 yen. Yen turun lebih dari 9 persen terhadap dolar untuk tahun ini.

Dengan yen berkeliaran di sekitar level itu lagi, para pedagang mengharapkan pejabat Jepang untuk segera memulai peringatan intervensi.

Ahli strategi Saxo Markets mengatakan data PDB dan IHK (Indeks Harga Konsumen) minggu ini di Jepang bisa menjadi kunci, serta data AS yang dapat terus mendorong imbal hasil obligasi pemerintah lebih tinggi.

"Pedagang juga terus mengamati apakah otoritas Jepang dapat melakukan intervensi, tetapi kurangnya intervensi verbal sejauh ini menunjukkan potensi kesabaran dari mereka."

Baca juga: Rupiah pada Senin pagi melemah jadi Rp15.296 per dolar AS

Imbal hasil obligasi pemerintah telah meningkat dan mendapat dorongan lain pada Jumat (11/8/2023) setelah data menunjukkan harga produsen AS sedikit meningkat pada Juli, lebih dari yang diharapkan, karena biaya jasa-jasa pulih dengan laju tercepat dalam hampir setahun.

Itu terjadi setelah berita pada Kamis (10/8/2023) bahwa harga konsumen naik moderat pada Juli. Data IHP (Indeks Harga Produsen) meragukan apakah Federal Reserve telah selesai dengan siklus kenaikan suku bunganya.

Pasar mengantisipasi hampir 89 persen kemungkinan Federal Reserve mempertahankan suku bunga pada pertemuan bulan depan, alat CME FedWatch menunjukkan, dengan pedagang mengantisipasi tidak ada lagi kenaikan untuk sisa tahun ini.

Namun, para pejabat bank sentral telah menyatakan bahwa terlalu dini untuk membuat perkiraan seperti itu.

Data inflasi bersama dengan data pasar tenaga kerja baru-baru ini menunjukkan bahwa Fed membiarkan suku bunga tidak berubah pada pertemuan September, kata analis ANZ, menambahkan bahwa akan ada satu set data penggajian non-pertanian (NFP) dan IHK untuk dipertimbangkan Fed sebelum pertemuan.

Mereka mengatakan ketahanan konsumen AS akan menjadi sorotan dengan rilis data penjualan ritel Juli, dengan kenaikan harga bahan bakar dan kondisi kredit yang lebih ketat diperkirakan akan menggigit.

Indeks dolar, yang mengukur mata uang AS terhadap enam mata uang lainnya, naik 0,078 persen di 102,94, tertinggi sejak 7 Juli. Indeks naik 1,0 persen untuk bulan ini.

Euro turun 0,09 persen menjadi 1,0934 dolar, sementara sterling terakhir di 1,2676 dolar, turun 0,14 persen pada hari ini.

Baca juga: Dolar naik setelah IHP AS naik sedikit lebih besar dari perkiraan

Dolar Australia turun 0,48 persen menjadi 0,647 dolar AS, sementara kiwi turun 0,38 persen menjadi 0,596 dolar AS. Kedua mata uang Antipodean itu telah dirusak oleh data perdagangan dan inflasi yang mengecewakan dari China, pembeli terbesar ekspor sumber daya mereka.

Sementara itu sentimen terhadap China turun, data frekuensi tinggi China minggu ini mungkin hanya membutuhkan sedikit pukulan untuk menyebabkan reaksi terbalik yang kuat di proksi China, kata Kepala Riset Pepperstone, Chris Weston.
 

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2023