Jakarta (ANTARA News) - Calon Legislatif (Caleg) Partai Amanat Nasional (PAN) untuk DPR RI melebihi kuota.

"Semalam sudah 1.239 bakal caleg yang mendaftar, over kuota," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PAN, Viva Yoga Mauladi di gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu.

Ditambahkan, jumlah caleg tersebut sudah finalisasi untuk diseleksi/ diverifikasi administrasi sehingga mencapai 560 orang.

"Menurut petunjuk Ketua Umum PAN, Hatta Rajasa, akan mendaftar tanggal 15 April 2013. Akan didaftarkan 560 caleg, sesuai UU No 8 / 2012. Komposisinya 30 persen perempuan, 70 persen laki-laki. Sesuai persyaratan pencalegan di UU No 8 / 2012," tambahnya.

Adapun proses seleksi terhadap caleg sudah dilakukan seperti memiliki integritas pribadi dan rekam jejak yang baik di mata publik, tidak sedang dalam masalah hukum, baik itu menjadi tersangka atau terdakwa.

"Hal ini karena menurut Ketum PAN, Bang Hatta bahwa caleg PAN harus menjadi teladan bagi rakyat dan tidak tersandera hukum. Bagaimana mau memperjuangkan aspirasi rakyat jika dalam dirinya sedang dalam masalah hukum," kata dia.

Selain itu, PAN juga memprioritaskan kader partai karena mereka yang menjadi tulang punggung partai, yang membesarkan partai.

"Meski begitu PAN telah membuka pendaftaran dari non-kader, yaitu yang berasal dari tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, pengusaha. Purnawirawan TNI, pengusaha, artis, dan atlit," kata Viva.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2013