Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera 
Pusaka (Paskibraka) yang bertugas pada upacara HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kantor Wali Kota Jakarta Barat pada Selasa.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pemuda dan Olahraga Jakarta Barat, Eko Pudjiharyanto menyebutkan, jumlah Paskibraka Jakarta Barat yang dikukuhkan sebanyak 44 orang yang terdiri atas 23 putra dan 21 putri.

"Sebelum dikukuhkan mereka sudah menjalani seleksi selama lima bulan dengan berbagai materi. Mulai dari fisik, mental, wawasan kebangsaan dan lain sebagainya," kata Eko.

Dengan pengukuhan itu, 44 putra-putri terbaik Jakarta Barat resmi bertugas untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada 17 Agustus 2023.

Baca juga: Jakbar gelar lomba mural antara kecamatan meriahkan HUT ke-78 RI
Baca juga: Polrestro Jakbar beri layanan kesehatan bagi warga di permukiman kumuh


​​​​​​​Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto menyebutkan, HUT ke-78 RI pada17 Agustus 2023 merupakan tombak bersejarah bagi Paskibraka dalam rangka untuk mempersiapkan diri untuk masa depan.

"Untuk itu saya sangat berharap pemuda-pemudi Jakarta Barat, khususnya anggota Paskibraka mampu memiliki akhlak dan budi pekerti yang luhur, cerdas dan berpengetahuan luas, sehat jasmani dan rohani," kata Uus.

Uus mengatakan, anggota Paskibraka yang dikukuhkan adalah putra-putri terpilih yang telah melalui proses seleksi sangat ketat dimulai dari tingkat kecamatan dan Kota Administrasi Jakarta Barat (Jakbar).

"Jadi kepercayaan dan kehormatan yang diberikan harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan penuh kesungguhan karena tidak semua orang mendapat kesempatan mendapat tugas sebagai anggota Paskibraka ini," kata Uus.

Ia juga menyebutkan anggota Paskibraka akan meneruskan kepemimpinan Indonesia di masa mendatang datang.

"Untuk itu persiapkanlah diri kalian dengan sebaik-baiknya. Angkatlah harkat dan martabat bangsa Indonesia di mata dunia," kata Uus.
 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2023