Padang (ANTARA News) - Klub Semen Padang kembali berhasil mengalahkan tim asal Hong Kong Kitchee FC dengan skor 3-1 dalam lanjutan kompetisi Piala AFC Cup 2013 di Stadion Haji Agus Salim Padang, Sumatera Barat, Rabu.

Sebelumnya pada pertandingan tandang di Mangkok Stadium Hong Kong (4/4), tim yang berjuluk "Kabau Sirah" itu juga berhasil mengalahkan Kitchee FC 2-1.

Tiga gol kemenangan tim yang ditangani pelatih Jafri Sastra tersebut dihasilkan lewat pemain depan andalan Semen Padang, Edward Wilson Junior (Edu) dengan dua gol yakni pada menit 13 babak pertama dan menit 75 babak kedua, satu gol lagi dihasilkan lewat Nur Iskandar pada menit 71.

Sementara itu gol tim Kitchee FC dihasilkan lewat tandukan pemain depannya Jorge Tarres Paramo pada menit ke-23.

Bermain di hadapan ribuan pendukungnnya yang memenuhi Stadion Haji Agus Salim, SP langsung melakukan serangan cepat kejantung pertahanan Kithee FC yang digalang pemain belakang Fernando Recio, Zeeshan Rehman, dan Cheung Kin Fung.

Memanfaatkan kecepatan dua pemain sayapnya, SP berulang kali berhasil melakukan penetrasi ke kotak penalti tim asuhan Josep Balague tersebut.

Pada menit 13, Percobaan dan serangan yang disusun dengan baik oleh pemain tengah SP, berhasil mengirimkan umpan matang kekaki Edward Wilson yang berdiri bebas didalam kota penalti Kithee, pemain kewarganegaraan Liberia tersebut langsung melakukan tendangan keras tanpa bisa dijangkau kiper Wang Zhenpeng. Skor 1-0.

Unggul satu gol membuat SP bermain kurang menekan dan sering kehilangan bola pada lini tengah, tersebut langsung dimanfaatkan Kithee untuk menguasai lini tengah, penguasaan bola dijantung permainan tersebut membuahkan hasil, melalui umpan lambung dari kiri gawang SP, pemain depan Jorge Tarres Paramo berhasil menaklukkan kiper SP Jandia Eka dengan menempatkan bola di pojok gawangnya. Skor 1-1.

Edward Wilson kembali berkesempatan menambah torehan golnya, namun pemain tersebut sudah terlebih dulu terperangkap off-side, dan golnya dianulir wasit. Skor tersebut bertahan sampai babak pertama usai. Memasuki babak kedua SP kembali menerapkan permainan cepat dan menusuk lewat sayap kejantung pertahanan Kitchee, namun kali ini pemain Kitchee bermain lebih disiplin dan banyak bertahan.

Melihat taktik yang diterapkan pelatih Kitchee, Jafri Sastra melakukan pergantian pemain dengan memasukkan pemain depan Nur Iskandar. Taktik tersebut membuahkan hasil, Nur Iskandar berhasil melakukan tendangan keras dari luar kotak pinalti tanpa bisa dijangkau kiper Kitchee. skor 2-1.

Gol dari mantan pemain Persipura tersebut, membuat motivasi pemain SP kembali meningkat, tekanan bertubi-tubi ke gawang Wan Zhenpeng harus diganjar keras oleh pemain belakang Fernando Recio, wasit asal Malaysia langsung memberikan hadiah tendangan bebas yang berjarak satu meter dari luar kotak penalti.

Eksekusi tendangan yang dilakukan Edward berjasil mengecoh kiper Kitchee, yang salah mengantisipasi arah bola. Gol menit 75 tersebut disambut gemuruh oleh suporter SP. Skor 3-1 bertahan sampai wasit Amirul Izwan meniupkan pluit akhir pertandingan. (ANT)

Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013