Jakarta (ANTARA News) - Pemegang juara dunia kelas bulu IBO Daud Yordan menjawab tantangan dari lawannya, petinju asal Afrika Selatan Simpiwe "V12" Vetyeka, yang menilainya sebagai petinju agresif namun tidak banyak membuat pertimbangan matang saat bertanding.

Keduanya akan bertarung pada laga perebutan gelar juara dunia kelas bulu IBO "Dragon Fire: World Championship Boxing" yang dilangsungkan di Tenis Indoor Senayan, Jakarta, Minggu (14/4).

"Saya kira sah-sah saja dia berpikir seperti itu. Itu opini dia jadi silahkan. Nanti kita buktikan di atas ring," kata petinju yang dijuluki Cino itu, ditemui usai sesi latihan terbuka di Parkir Timur GBK Senayan, Jakarta, Kamis.

Menjelang pertarungannya menghadapi Simpiwe, pemegang rekor 30 kali menang dan 2 kali kalah itu telah berlatih sejak Januari lalu. Ia juga telah mempelajari kekuatan lawan dari referensi video-video. Menurut Daud, lawannya patut diwaspadai.

"Dia petinju bagus. Saya patut waspada. Dia punya pukulan-pukulan yang lengkap. Tetapi saya yakin bisa menang," ujar petinju asal Ketapang, Kalimantan Barat itu.

Sebagai antisipasi, Daud mengaku telah meningkatkan kekuatannya. "Saya memperkuat semua bagian aspek baik pukulan maupun daya tahan tubuh, tidak ada yang kurang," tambahnya.

Pertarungan ini akan menjadi laga terakhirnya di kelas bulu karena Daud berencana akan naik ke kelas bulu super. Ia tidak menargetkan menang K.O namun menang pada setiap ronde pertandingan.

"Bagaimana setiap ronde bisa memenangkan pertandingan. Tidak menargetkan K.O, itu hal yang diharapkan tetapi tidak bisa direncanakan," ujar Daud yang tidak mau mengungkapkan strateginya.

Sementara itu, penantangnya Simpiwe Vetyeka mengaku sangat siap untuk menaklukkan Daud meskipun tidak membidik menang pada ronde berapa. "Saya sangat siap untuk menghadapi Daud," katanya.

Daud berhasil mengalahkan mantan juara seri Prize Figher, Choi Tseveenpurev di Marina Bay Sands, Singapura pada 9 November 2012. Sementara gelar juara dunia IBO kelas bulu diraihnya dalam pertarungan sengit dan akhirnya menang KO melawan Lorenzo Villanueva (23 menang, 2 KO) Mei tahun lalu di Singapura. Ini akan menjadi pertemuan perdana Daud dengan Simpiwe.

Pewarta: Monalisa
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013