Malang (ANTARA News) - Persema Malang mengaku masih minim persiapan menjelang laga IPL menjamu Persijap Jepara, Sabtu (13/4) karena pemain tim Bledek Biru itu baru menggelar latihan kembali pada Jumat (5/4), setelah vakum kegiatan hampir tiga pekan.

Pelatih carateker Rudi Hariantoko, Kamis mengatakan bahwa untuk memulihkan rasa kebersamaan antarpemain dan performa tim, maka dilakukan uji coba dengan tim lokal, sekaligus sebagai persiapan menjelang menghadapi Persijap.

"Lamanya pemain tidak latihan dalam satu tim akan mengurangi sentuhan permainan yang selama ini sudah diterapkan, apalagi ada beberapa pemain pilar yang mengundurkan diri, yakni Leonard Tumpamahu dan Anggo Julian," katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya, uji coba tersebut cukup penting untuk melihat perkembangan dan kondisi fisik pemain selama vakum kegiatan akibat tidak adanya kejelasan nasib Persema di musim kompetisi tahun depan.

Sementara itu Asisten Manajer Persema Dito Arief mengaku jika tim asuhan Rudi Hariantoko tersebut akan kesulitan mewujudkan target yang telah dicanangkan pada awal kompetisi lalu, yakni menembus posisi empat besar Liga Primer Indonesia (LPI).

Apalagi, lanjutnya, jika Persema harus kehilangan enam poin akibat tidak hadir dalam pertandingan yang dijamu PSM Makassar dan Perseman Manokwari, sehingga dinyatakan kalah WO.

"Jika PSM maupun Perseman Manokwari tidak mau tanding ulang, maka mau tidak mau Persema harus rela kehilangan enam poin dan dikalahkan WO dengan skor 3-0. Kalau poin Persema dikurangi enam, maka poin Persema akan minus tiga," tandasnya.

Namun demikian, tegas Dito, Persema yang saat ini diperkuat para pemain muda tidak akan pernah menyerah dan putus asa. Dalam setiap pertandingan, sebisa mungkin harus meraih poin agar mampu memperbaiki posisi.

Setelah adanya putusan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI beberapa waktu lalu, Persema memutuskan untuk menghentikan seluruh aktivitas Persema sambil menunggu putusan dari pemegang saham Persema dan manajemen.

Akhirnya manajemen memutuskan untuk melanjutkan kompetisi dengan segala risikonya, termasuk minimnya persiapan menjelang menjamu Persijap Jepara. Selain ditinggalkan beberapa pemain pilarnya, Persema juga ditinggalkan oleh pelatih Slave Radovski.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013