Jakarta (ANTARA) - Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid, Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid, mendukung penggunaan baju adat di setiap acara kenegaraan karena dapat mendorong industri fesyen dalam negeri.

"Jadi, ketika pakaian-pakaian adat terus digunakan, maka akan timbul industri-industri baru, para perajin akan berkarya kembali; karena begitu ada demand maka ada supply," kata Yenny ketika menghadiri Upacara Penurunan Bendera Merah Putih dalam rangka HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis.

Kampanye pemakaian baju adat dalam acara-acara kenegaraan yang dipopulerkan Presiden Joko Widodo selama masa pemerintahannya itu, menurut Yenny merupakan upaya luar biasa untuk mendukung industri lokal.

Baca juga: Sejumlah desainer puji busana adat Jokowi pada upacara HUT ke-78 RI

"Saya rasa ini upaya luar biasa dari Pemerintah untuk mendukung perajin lokal, terutama perajin tenun tangan yang memang butuh waktu berbulan-bulan untuk produksi. Mereka bisa meningkat pendapatannya dengan adanya pemakaian oleh masyarakat luas," tuturnya.

Selain mendukung perekonomian rakyat, khususnya perajin lokal, Yenny menambahkan pemakaian baju adat juga menunjukkan keberagaman bangsa Indonesia.

"Ini kekayaan budaya Indonesia yang harus terus kita lestarikan," imbuhnya.

Dalam perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, panitia penyelenggara memberikan penghargaan bagi sejumlah tamu undangan yang hadir mengenakan busana adat secara terbaik.

Baca juga: Presiden Jokowi kenakan baju adat Surakarta pada Upacara HUT ke-78 RI

Dua tokoh yang mendapat penghargaan karena mengenakan baju adat terbaik ialah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep.

Sri Mulyani dan Kaesang termasuk di antara 10 pemenang busana terbaik yang mendapat hadiah sepeda dari Istana Kepresidenan. Sri Mulyani mengenakan baju adat Soe dari Timor Tengah Selatan, sedangkan Kaesang memakai busana adat Sulawesi Utara.

Selain kehadiran tamu undangan yang mengenakan berbagai baju adat berwarna-warni, perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, juga turut dimeriahkan dengan pemasangan berbagai ornamen bertemakan "Gemilang Indonesia".

Tahun ini akan menjadi Upacara HUT Kemerdekaan RI terakhir yang diselenggarakan di Istana Merdeka, Jakarta; karena pada 2024, Presiden Joko Widodo menargetkan untuk menggelar Upacara HUT Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Baca juga: Anne Avantie: Kesan pemimpin welas asih pada baju adat HUT RI Jokowi

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Fransiska Ninditya
COPYRIGHT © ANTARA 2023