Manado (ANTARA News) - Komisi II DPR akan meninjau persiapan ibukota calon Provinsi Bolaang Mongondow Raya (PBR), Senin (15/4).

"Tim dari DPR tersebut nanti akan melihat langsung dari dekat, kesiapan Kota Kotamobagu sebagai calon ibukota PBR," kata Koordinator Divisi Sosialisasi dan Penggalangan Masa Panitia Pembentukan Provinsi Bolaang Mongondow Raya, Chandra Modeong, di Manado, Jumat.

Chandra mengatakan, kedatangan tim dari DPR tersebut untuk memastikan bagaimana kondisi Kota Kotamobagu, yang telah disepakati sebagai ibukota calon provinsi baru tersebut.

Menurutnya berkas untuk pemekaran provinsi tersebut sudah dinyatakan lengkap dan berada di Jakarta, jadi masyarakat dan panitia pembentuan PBR sangat menantikan kehadiran para wakil rakyat tersebut.

"Selain melihat kondisi Kota Kotamobagu, nantinya tim dari Jakarta juga akan mendengarkan aspirasi masyarakat Totabuan, tentang keiginan untuk menjadi daerah otonom sendiri," kata Chandra.

Untuk menyambut tim dari DPR tersebut, panitia sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Kotamobagu, agar bisa melakukan berbagai persiapan yang diperlukan.

Ia mengatakan, panitia juga berharap lima kepala daerah di Bolaang Mongondow akan hadir dan memberikan dukungan termasuk pimpinan dan anggota DPRD se-Bolmong untuk hadir memberikan masukan.

Pemekaran PBR sudah disampaikan pemerintah provinsi Sulut, ke DPR-RI dan tinggal menunggu selesainya proses di Jakarta, untuk mendapatkan persetujuan pemekaran atau tidak.

Pewarta: Joyce Bukarakombang
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2013