Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang hukum terjadi pada Jumat (19/8), mulai dari Kejaksaan Agung RI mempertimbangkan sidang terdakwa Panji Gumilang dilaksanakan di luar Jakarta hingga KPK menyidik dugaan setoran “fee” dari pengusaha ke Andhi Pramono.

Berikut berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA.

1. Polri siapkan 619 personel amankan AMMTC di Labuan Bajo

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menyiapkan 619 personel untuk mengamankan penyelenggaraan kegiatan internasional ASEAN Ministerial Meeting on Transnational Crime (AMMTC) Ke-17 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur pada tanggal 20 Agustus sampai 23 Agustus 2023.

"Personel yang disiapkan 619 baik dari Mabes Polri maupun Polda NTT. Kami siap melaksanakan pengamanan untuk pertemuan ini," kata Karo Ops Polda NTT, Kombes Pol. Deonijiu De Fatima di Mako Polres Manggarai Barat, Labuan Bajo, Jumat.

Selengkapnya di sini.

2. Pengamat berharap kenaikan gaji membuat Polri semakin profesional

Pengamat kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Bambang Rukminto berharap kebijakan pemerintah menaikkan gaji PNS, TNI, dan Polri dapat berdampak positif bagi institusi Korps Bhayangkara untuk semakin profesional dan berintegritas.

"Profesional di sini berarti semakin cepat dalam menjalankan tupoksinya, melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat di bidang kamtibmas dan penegakan hukum," kata Bambang saat dihubungi dari Jakarta, Jumat.

Selengkapnya di sini.

3. Polisi dalami peristiwa kebakaran Kantor Distrik Fakfak Tengah

Kepala Bidang Humas Polda Papua Barat Komisaris Besar Polisi Adam Erwindi mengatakan pihaknya sedang mendalami peristiwa kebakaran Kantor Distrik Fakfak Tengah, Kabupaten Fakfak, pada Jumat sekira pukul 03.30 WIT.

"Sampai saat ini pihak Polres Fafkak masih mendalami penyebab kebakaran," kata Adam Erwindi kepada ANTARA di Manokwari, Jumat siang.

Selengkapnya di sini.

4. Kejagung pertimbangkan gelar sidang Panji Gumilang di luar Jakarta

Kejaksaan Agung sedang mempertimbangkan sidang perkara dugaan tindak pidana penistaan agama dengan terdakwa Panji Gumilang, pimpinan Ponpes Al Zaytun, dilaksanakan di luar Jakarta.

"Nanti kita lihat ya, apakah nanti akan dibawa ke daerah atau di Jakarta," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung RI Ketut Sumedana kepada wartawan di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya di sini.

5. KPK telusuri setoran pengusaha ke Andhi Pramono

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyidik soal dugaan setoran "fee" dari pengusaha ke mantan Kepala Kantor Bea dan Cukai Makassar, Sulawesi Selatan, Andhi Pramono (AP).

Hal tersebut didalami penyidik saat pemeriksaan terhadap dua pihak swasta, yakni Rudi Hartono dan Untung Sunardi. Keduanya diperiksa penyidik pada Rabu (16/8) di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan.

"Kedua saksi hadir dan didalami pengetahuannya, antara lain, terkait dengan dugaan adanya perintah tersangka AP untuk mewajibkan pihak swasta menyetorkan uang berupa 'fee' karena adanya rekomendasi akses layanan ilegal kepabeanan," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya di sini.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Edy M Yakub
COPYRIGHT © ANTARA 2023