Monte Carlo (ANTARA News) - Bernard Tomic mengawali musim lapangan tanah liat Eropa terburuknya, ketika petenis Australia itu takluk 2-6, 4-6 dari Alexandr Dolgopolov sehingga tersingkir di putaran pertama Monte Carlo Masters pada Minggu.

Tomic gagal bersinar di kandangnya sendiri, di mana ia kalah dalam waktu satu jam dari petenis Ukraina peringkat 22 dunia itu yang sekarang telah memenangi empat dari lima pertemuan sepanjang karir mereka.

Hasil ini merupakan duplikat dari kekalahan yang diderita Tomic dari petenis Ukraina itu di tempat yang sama setahun silam pada putaran kedua.

Servis petenis peringkat 43 dunia itu tiga kali dipatahkan pada pertandingan yang menandai penampilan ATP dia di lapangan tanah liat setelah memenangi kedua pertandingan Piala Davisnya di lapangan di Uzbekistan pada akhir pekan silam.

Kekalahan petenis Australia ini merupakan kekalahan ketujuhnya musim ini berbanding 13 kemenangan dan dia sekarang memiliki catatan menang-kalah 1-3 di Monte Carlo.

Dengan para unggulan teratas mendapat "bye" pada putaran pertama di Cliffside Country Club, hanya tiga pertandingan utama dijadwalkan ketika putaran kualifikasi ditutup dengan hari yang sempurna di Pantai Mediterania.

Petenis Jerman Philipp Kohlshreiber, yang dua kali menjadi perempat finalis, menjadi unggulan pertama yang melaju ke putaran kedua ketika unggulan peringkat 16 ini menyingkirkan Thomasz Bellucci dari Brazil 6-4, 6-2.

Semua mata kini tertuju pada unggulan ketiga Rafael Nadal, yang memulai upaya untuk meraih gelar kesembilan di ajang yang dia dominasi.

Petenis Skotlandia Andy Murray, juara Miami dua pekan silam, menjadi unggulan kedua dan kemungkinan dapat berhadapan dengan jawara lapangan tanah liat dari Spanyol di semifinal.

Namun peringkat dua dunia yang baru Murray juga berada dalam bahaya, di mana sejumlah kalkulasi mengindikasikan bahwa jika ia kalah sebelum perempat final, tempatnya di peringkat dunia akan kembali direbut Roger Federer.

Petenis Swiss itu, yang saat ini menghuni peringkat ketiga, absen pada ajang masters 1000 untuk meneruskan latihan di kampung halamannya Swiss. Ia akan kembali berkompetisi di Madrid Masters tiga pekan lagi, di mana ia akan mempertahankan gelar 2012 dia yang dimenanginya di lapangan tanah liat berwarna biru yang kontroversial.

Petenis Spanyol David Ferrer, yang kalah di final Miami dari Murray dan merupakan finalis yang kalah di sini dari Nadal, mengundurkan diri sebelum kompetisi dimulai karena cedera paha yang melilitnya di Florida.
(H-RF)

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2013