Bengaluru (ANTARA) - Saham Inggris dibuka menguat pada perdagangan Selasa, dengan indeks FTSE 100 bangkit dari posisi terendah enam minggu, didukung oleh kenaikan di sektor-sektor siklikal yang terpukul, sementara saham John Wood Group naik setelah meningkatkan prospek laba tahunannya.

Indeks saham-saham unggulan atau blue-chips FTSE 100 yang berorientasi ke pasar luar negeri terdongkrak 0,2 persen pada pukul 07.15 GMT, sedangkan indeks saham-saham berkapitalisasi sedang atau mid-caps FTSE 250 yang fokus ke pasar domestik bertambah 0,6 persen.

Indeks FTSE 100 dapat menghentikan penurunan beruntun tujuh hari, jika keuntungan bertahan hingga akhir sesi perdagangan. Kenaikan didorong oleh sektor-sektor siklikal, termasuk konstruksi dan material, penambang logam mulia, dan pertahanan.

John Wood Group terangkat 2,6 persen setelah perusahaan jasa dan teknik ladang minyak itu menaikkan ekspektasinya untuk laba inti tahunan yang disesuaikan.

Sementara itu, dikutip dari Reuters, indeks sektor farmasi dan perawatan pribadi yang defensif termasuk di antara yang mengalami penurunan pada awal perdagangan, mengindikasikan pergerakan penghindaran risiko.

Baca juga: Saham Eropa dibuka lebih tinggi didorong reli produsen cip
Baca juga: Saham Asia hentikan penurunan beruntun, imbal hasil capai puncak baru
Baca juga: Rupiah menguat karena pergerakan positif indeks saham Asia

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023