Jayapura (ANTARA) - Bank Indonesia Perwakilan Papua terus membantu mempromosikan produk unggulan dari Tanah Papua termasuk menjelang KTT Asean ke 43.

Kepala Perwakilan BI Papua Juli Budi Winantya kepada Antara, Rabu di Jayapura mengakui, upaya promosi itu dilakukan selain untuk memperkenalkan produk unggulan dari Tanah Papua juga sekaligus mencari pangsa pasar.

Apalagi dengan akan dilaksanakan KTT Asean di Jakarta diharapkan dapat menjadi peluang agar lebih dikenal.

Untuk itu, BI Perwakilan Papua berupaya membantu mempromosikan produk unggulan misalnya kopi termasuk saat pelaksanaan pameran di luar negeri.

"Kopi asal Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan, dikirim untuk mengikuti pameran FOODEX 2023 di Japan, walaupun yang dikirim adalah sampel kopi ke House of Beans, " jelas Juli.

Kepala Perwakilan BI Papua menambahkan, saat ini sejumlah UMKM sedang dipersiapkan untuk mengikuti Trade Expo 2023 di Jakarta yang akan dilaksanakan bulan Oktober mendatang.

Dengan terbukanya berbagai peluang diharapkan berbagai produk unggulan dari Tanah Papua makin dikenal dan diminati hingga mancanegara.

"Mudah-mudahan dengan terus dipromosikannya produk unggulan dari Tanah Papua maka makin banyak komoditi yang dapat di ekspor atau antar pulaukan, " kata Juli.

BI Perwakilan Papua saat ini membawahi empat provinsi yaitu Papua, Papua Pegunungan, Papua Tengah dan Papua Selatan.

Baca juga: BI latih digitalisasi bagi 97 pengusaha UMKM di Papua

Baca juga: BI ajak pelajar Papua beri edukasi cinta rupiah ke masyarakat

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Nurul Aulia Badar
COPYRIGHT © ANTARA 2023