Banjarmasin (ANTARA) -
Ribuan peserta memeriahkan gelar Kirab Kemerdekaan dalam rangkaian peringatan HUT ke-78 Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 2023 di Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis.
 
Kirab Kemerdekaan langsung dipimpin Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor didampingi unsur Forkopimda provinsi setempat dengan pawai motor.
 
Kirab Kemerdekaan dimulai dari Siring 0 Kilometer atau depan Makorem 101/Antasari di Jalan Jenderal Sudirman Banjarmasin melintasi Jalan A Yani dan Kota Banjarbaru hingga finis di Kiram Park, Kabupaten Banjar.
 
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor menyampaikan, kirab ini sebagai upaya membangkitkan semangat kemerdekaan bagi masyarakat Kalsel khususnya dan rakyat negeri ini.
 
Disampaikan dia, kemerdekaan yang sudah berjalan hingga 78 tahun ini bukan perkara gampang merawatnya, tetap menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
 
Perjuangan yang sudah dipersembahkan para pejuang terdahulu harus terus diingat generasi selanjutnya ini, kata Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel tersebut, hingga semangat menjaga NKRI harus terus digelorakan juga.
 
Gubernur Kalsel menyampaikan, perjuangan kemerdekaan terus dilakukan hingga sekarang, utama mengentaskan keterbelakangan, kemiskinan dan lainnya.
 
"Jadi semua harus terus berjuang," ujarnya.
 
Dia pun berharap dengan kirab kemerdekaan ini dapat menambah semangat perjuangan masyarakat di provinsinya untuk Kalimantan Selatan sejahtera.
 
Selain itu untuk terus mensyukuri kemerdekaan yang diberikan Sang Mahakuasa agar Republik Indonesia ini menjadi negara maju.
 
Puncak Kirab Kemerdekaan tahun 2023 ini juga diramaikan banyaknya door prize diantaranya beberapa motor, kulkas hingga alat elektronik lainnya.

 
 
 
 
 

Pewarta: Sukarli
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2023