Pangkalpinang (ANTARA) - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendeklarasikan Pemilu Damai, sebagai komitmen bersama menjaga kondusivitas penyelenggaraan pesta demokrasi serentak pada 2024 yang bermartabat dan bermanfaat untuk pembangunan Indonesia.

"Kami berharap deklarasi pemilu damai ini tidak hanya sekedar seremonial, tetapi selalu ditaati dan pegang sampai pesta demokrasi ini selesai," kata Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Em Osykar, di Pangkalpinang, Kamis.

Baca juga: Kapolda Babel: Peserta Pemilu 2024 patuhi komitmen jaga kondusifitas

Ia mengatakan kegiatan dan penandatangan komitmen bersama untuk menjaga kondusivitas Pemilu 2024 ini merupakan kerja sama antara Bawaslu dan Kepolisian Daerah Kepulauan Babel dalam mewujudkan Pemilu 2024 yang damai, kondusif, bermartabat, profesional hingga tahap akhir penghitungan suara dan penetapan calon kepala daerah dan caleg terpilih Pemilu 2024.

"Kami mengapresiasi Polda Kepulauan Babel yang telah memprakarsai deklarasi pemilu damai," ujarnya.

Baca juga: Dewan Pers: Pers mesti berperan aktif wujudkan pemilu damai

Ia menyatakan dalam penandatanganan komitmen bersama ini, Bawaslu dan Polda Kepulauan Babel mengundang seluruh partai politik peserta pemilu, akademisi, tokoh masyarakat.

"Alhamdulillah, kegiatan penandatangan dan deklarasi pemilu damai dihadiri seluruh parpol peserta pemilu dan berjalan dengan lancar," katanya.

Menurut dia hari ini kurang dari 174 hari lagi masyarakat akan melaksanakan Pemilu 2024, dimana rakyat berhak dan berkesempatan untuk memilih wakil-wakilnya dalam menyuarakan aspirasi untuk membangun negeri ini.

Baca juga: Pengurus parpol di Tasikmalaya berikrar jaga pemilu damai

"Kami berharap seluruh masyarakat khususnya media massa untuk bersama-sama mengawal pesta demokrasi ini agar berlangsung kondusif," katanya.

Kapolda Kepulauan Babel, Inspektur Jenderal Polisi Yan Sultra, mengatakan, komitmen bersama ini untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang damai.

"Ini merupakan insiatif kita bersama dengan Bawaslu, agar penyelenggaraan pemilu nanti berjalan aman, tertib dan lancar," katanya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2023