Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengajak masyarakat untuk melanjutkan semangat Wali Songo dalam membangun peradaban melalui masjid.

Hal itu disampaikan Wapres saat meresmikan Masjid Syarif Abdurachman di Komplek Sunan Gunung Jati, Cirebon, Jawa Barat, Jumat, sebagaimana siaran pers yang diterima di Jakarta.

"Peradaban Islam yang murni, yang sesuai diajarkan oleh para Wali Sembilan itu kita bangun lagi, kita hidupkan lagi di masjid-masjid maupun di pesantren-pesantren," kata Wapres Ma’ruf Amin di Cirebon, Jumat.

Wapres menyampaikan, di masa lampau Nabi dan para wali juga terus bekerja membangun masjid sebagai pusat tempat menyampaikan ajarannya.

Dia mengatakan Allah Swt menjamin pahala dan surga bagi siapapun yang membangun masjid.

Wapres menekankan dengan semakin banyaknya masjid di era modern sekarang ini, maka akan semakin banyak juga para penerus semangat Wali Songo dalam menebarkan ajaran kebaikan, baik dari sisi religi maupun sisi kemanusiaan.

Ia pun berpesan kepada para pengurus dan masyarakat untuk dapat memakmurkan Masjid Syarif Abdurachman, agar masjid itu membawa kebaikan bagi banyak umat.

"Jangan sampai seperti orang membangun keranda, membangunnya mau tapi begitu jadi, nggak ada yang mau masuk, ditawarin tidak ada yang mau masuk. Jadi jangan seperti membangun keranda," kata Wapres.

"Jadi mari dimakmurkan, diramaikan, dan juga bukan hanya tempat ibadah tapi juga pusat pembinaan yaitu pembangunan peradaban Islam, itu yang dilakukan," imbuhnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum yang hadir mendampingi Wapres menyampaikan harapannya agar masjid yang diresmikan selain sebagai tempat ibadah juga dapat digunakan dengan kegiatan-kegiatan keagamaan yang membawa manfaat.

"Mudah-mudahan semakin banyak sarana peribadahan, semakin meningkat keimanan dan ketakwaan masyarakat Jawa Barat," harap Uu.

Selain Wakil Gubernur Jawa Barat, hadir dalam acara ini Kepala Staf Angkatan Darat Dudung Abdurachman, Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki, dan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Agus Subiyanto.

Sementara, Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Guntur Iman Nefianto, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono W.S., Staf Khusus Wakil Presiden Masduki Baidlowi, Masykuri Abdillah, M. Azis, Robikin Emhas, Zumrotul Mukaffa, dan Arif Rahmansyah Marbun, serta Tim Ahli Wapres Farhat Brachma.

Baca juga: Wapres kunjungan kerja ke Cirebon menumpang kereta

Baca juga: Wapres dukung pengembangan industri kesehatan syariah nasional

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023