Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur melakukan penyemprotan air di Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur hingga ke kawasan Slipi, Jakbar, Jumat.

"Penyemprotan air di sisi kanan dan kiri sebagai upaya menekan polusi udara di Jakarta," kata Kepala Seksi Operasional Sudin Gulkarmat Jakarta Timur Gatot Sulaeman di Jakarta.

Ia memakai dua unit mobil damkar yang masing-masing berisi 10 ribu liter air untuk melakukan penyemprotan di Jalan MT Haryono, Cawang hingga kawasan Slipi, Jakarta Barat.

"Kegiatan ini merupakan instruksi dari kepala Dinas Gulkarmat DKI agar melakukan penyiraman jalan protokol," kata Gatot.

Baca juga: Polda Metro Jaya diskusikan sistem ganjil-genap berlaku 24 jam

Penyiraman jalan itu, kata dia, dalam rangka mengendalikan pencemaran udara di DKI Jakarta.

Pada Jumat ini, lanjut Gatot, penyiraman dilakukan dua kali di lokasi yang sama, yakni, pada pukul 10.00 WIB dan pukul 14.00 WIB.

Pelaksanaan penyiraman jalan dengan menggunakan air itu sesuai area dengan indikator oranye dan merah (kualitas udara tidak sehat) yang terlihat dalam aplikasi IQAir.

"Arahan kepala dinas agar seluruh kepala sektor mengunduh IQAir untuk mengetahui kualitas udara. Bila udara tidak sehat agar dilakukan penyemprotan sebanyak dua kali," ujarnya.

Baca juga: Legislator sarankan DKI berlakukan tilang uji emisi dadakan dan acak

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2023