Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI menyebut program Sinergisitas antar-kementerian/lembaga penanggulangan terorisme bermanfaat secara positif bagi warga, khususnya di Kelurahan Penatoi, Kecamatan Mpunda, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sekretaris Utama BNPT Bangbang Surono mengajak para penerima manfaat dari program yang melibatkan 46 kementerian/lembaga itu untuk menjaga wilayahnya tetap aman dan senantiasa menjaga persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kami hadir di NTB ini mengajak bersama-sama menjaga keutuhan keamanan NKRI, khususnya di NTB ini, agar tetap guyub tetap bersatu, tidak ada perselisihan dan sebagainya," kata Bangbang dalam keterangan diterima di Jakarta, Selasa.

Program Sinergisitas yang digagas oleh BNPT RI bertujuan memberikan manfaat langsung bagi masyarakat, di antaranya adalah bantuan sumur yang diberikan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Bantuan yang disalurkan melalui program tersebut juga sudah beragam, baik fisik maupun non-fisik. Bantuan tersebut di antaranya adalah bedah rumah, balai latihan kerja (BLK), penerangan jalan, listrik gratis, perbaikan masjid, pelatihan penceramah, menjahit, las, UMKM, dan start-up.

Pada acara silaturahmi Sekretaris Utama BNPT bersama penerima manfaat di Kota Bima, Senin (28/8), Ketua Karang Taruna Penatoi Muslimin mengatakan bahwa sumur bor yang menjadi salah satu bantuan dari program tersebut kini menjadi tumpuan masyarakat.

“Sumur bor yang sedalam 110 meter ini, karena jernih dan bersihnya, warga luar sampai datang ke sini untuk ikut memanfaatkan,” ucap Muslimin.

Lebih dari itu, dia menyebut kehadiran program Sinergisitas yang menjadikan Kelurahan Penatoi sebagai lokus sasaran program, membuat dirinya dan wilayahnya terbebas dari stigma zona merah radikalisme.

“Kami sangat bersyukur dengan kehadiran Sinergisitas di Kelurahan kami. Selama ini, kami terkungkung dengan stigma ‘zona merah’ yang membuat kami tidak percaya diri dengan wilayah-wilayah lain,” imbuh Muslimin.

Pada agenda silaturahmi tersebut, turut hadir perwakilan penerima manfaat dari Kelurahan Malayu, Matakando, Oo, dan sejumlah daerah lainnya di NTB.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Imam Budilaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2023