Jakarta (ANTARA) - Restoran Nusantara fushion ANTARASA kembali merilis delapan menu baru khusus untuk para konsumen sebagai bagian dari inovasi mereka.
 
“Kita sudah melakukan customer reseacrh untuk langkah kita ke depannya. Oleh sebab itu, kita menghadirkan menu-menu terbaru yang disesuaikan dengan selera konsumen,” kata Marketing Director dailygroup Jaya Chandranegara dalam acara media gathering menu baru dailygroup di ANTARASA, Jakarta, Selasa.
 
Kedelapan menu terbaru dari ANTARASA, yakni kakap putih goreng sambal mangga, salmon acar bumbu kuning, udang sambal nanas, rica iga bakar, spicy lime fish, pasta tuna pedas, pesto prawn, dan Antarasa platter. Menariknya, semua menu baru yang dihadirkan merupakan perpaduan antara masakan Nusantara dengan sentuhan penyajian modern.
 
Berbeda dengan tujuh menu baru lainnya, Antarasa platter khusus disajikan untuk konsumen yang ingin berbagi makanan dengan keluarga, teman, maupun rekan kerja dengan porsi yang cukup. Oleh sebab itu, ANTARASA menyajikan menu dalam porsi yang cukup besar di sajian Antarasa platter.

Baca juga: Ini cara menikmati "egg coffee" ala anak muda Vietnam
 
“Antarasa platter ini isinya ada banyak macam, ada protein, karbohidrat, dan tetap memuat sajian Nusantara,” kata Jaya.
 
Menu Antarasa platter terdiri dari dua jenis paket, yakni paket untuk 3 - 4 orang seharga Rp399 ribu dan paket untuk 6 - 8 orang seharga 599k. Untuk paket Rp399 ribu, terdapat 5 jenis sajian karbohidrat dan protein, yakni sate rembiga, singkong goreng, kentang goreng, cumi goreng, dan ikan bakar serta dua jenis saus sebagai cocolan.
 
Untuk paket 6 - 8 orang, makanan yang disajikan lebih beragam dengan porsi lebih besar, yakni sate klopo, singkong goreng, kentang goreng, udang bakar, gyoza, dan iga bakar serta dua jenis saus cocolan. Dari segi rasa, kedua jenis Antarasa platter tersebut terasa pas di lidah karena bumbu yang digunakan merupakan rempah asli khas Indonesia, sehingga rasa yang dihadirkan kaya akan rempah dengan komposisi yang pas.
 
Menu Antarasa platter di restoran ANTARASA di Jakarta, Selasa (29/8/2023). (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)
 
Tidak lupa, kedua jenis Antarasa platter disajikan dengan sentuhan Nusantara menggunakan piring yang terbuat dari bambu. Dengan begitu, makanan tidak akan berantakan saat diambil satu per satu dan makanan tetap terlihat rapi.
 
Untuk menu varian lainnya, yakni kakap putih goreng sambal mangga, salmon acar bumbu kuning, udang sambal nanas, rica iga bakar, spicy lime fish, pasta tuna pedas, pesto prawn, merupakan makanan untuk porsi satu orang. Namun, karena porsinya yang cukup besar, porsi untuk menu-menu tersebut juga dapat dinikmati oleh 2 - 3 orang sekaligus.

Baca juga: Umara House hadir di pusat kota Jakarta dengan citarasa Nusantara

Baca juga: Rekomendasi jajanan lezat di festival "Kampoeng Tempo Doeloe"

Menu ikan kakap putih goreng di restoran ANTARASA di Jakarta, Selasa (29/8/2023). (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)
 
Menu kakap putih goreng sambal mangga merupakan sajian kakap putih dengan balutan tepung yang digoreng di minyak panas. Menariknya, kakap putih goreng tersebut disajikan dengan sambal mangga yang tidak terlalu asam dan tidak terlalu pedas, sehingga cocok juga dinikmati oleh anak-anak.
 
Basically kita punya sekitar 8 menu baru dan sesuai dengan DNA-nya ANTARASA, itu adalah masakan Indonesia. Hanya, kreasinya berbeda-beda,” kata Chef Setyo Widhyarto selaku Corporate Executive Chef dailygroup.
 
Salmon acar bumbu kuning merupakan menu baru lainnya di ANTARASA, yakni sajian ikan salmon yang di-pan seared serta disiram dengan acar bumbu kuning khas Nusantara. Tidak perlu khawatir dengan bau amis ikan salmon yang mungkin timbul karena menu satu ini tidak meninggalkan bau amis sedikit pun.

Baca juga: Kue dan sushi jadi pilihan favorit untuk akhir pekan
Menu salmon acar bumbu kuning di restoran ANTARASA di Jakarta, Selasa (29/8/2023). (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)
Sebaliknya, rasa salmon dan acar bumbu kuning berpadu dengan baik dan cocok bagi pecinta sajian ikan salmon.
 
Lain lagi dengan menu udang sambal nanas, menu tersebut sangat cocok dinikmati para pecinta rasa asam manis. Menu tersebut merupakan sajian udang bakar dan disiram dengan sambal nanas asam manis yang lezat.
Menu udang sambal nanas di restoran ANTARASA di Jakarta, Selasa (29/8/2023). (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)
 
Udang yang disajikan cukup besar, sehingga untuk menikmati menu tersebut disarankan jangan sendiri tapi berdua tau bertiga. Rasa udang dari menu tersebut terasa asin dengan sedikit rasa manis khas makanan laut yang masih segar.
 
Menu rica iga bakar di ANTARASA menghadirkan daging iga sapi bakar dengan baluran sambal rica yang sedikit pedas. Daging iga bakar tersebut sebelumnya telah diproses terlebih dahulu dengan bumbu khas ANTARASA sebelum akhirnya dibakar, sehingga daging iga terasa empuk dengan bumbu yang sudah meresap masuk ke dalam dagingnya.

Baca juga: RBI perkenalkan kuliner nusantara kepada warga Jepang

Baca juga: Mencicipi ikan kod yang lezat nan segar di sudut Westminster

Menu rica iga bakar di restoran ANTARASA di Jakarta, Selasa (29/8/2023). (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)
 
Rica iga bakar akan terasa lebih nikmat jika disajikan dengan nasi hangat dan sambal rica di atasnya. Sambal rica yang dihadirkan di menu tersebut memiliki rasa pedas dan asin yang cukup dominan, sehingga cocok dinikmati bagi orang yang menyukai cita rasa pedas.
 
Menu spicy lime fish merupakan ikan kakap putih yang disajikan dengan royal saus dan jeruk nipis. Menu tersebut memiliki rasa yang cenderung asin dan lebih lengkap jika dinikmati dengan nasi putih.
Menu spicy lime fish di restoran ANTARASA di Jakarta, Selasa (29/8/2023). (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)
 
Ikan kakap putih dalam menu tersebut sebelumnya telah di-pan seared dengan minyak panas dan dimasak dengan waktu yang sesuai, sehingga kulit kakap tetap garing dan dagingnya matang dengan sempurna.
 
Selain itu, ada menu pasta tuna pedas, yakni sajian pasta spageti yang dimasak dengan ikan tuna tataki dan taburan sambal matah yang segar. Menu tersebut sangat direkomendasikan bagi penyuka pedas karena rasa pedasnya yang lebih kuat dibandingkan menu baru lainnya.
 
Menu pasta tuna pedas di restoran ANTARASA di Jakarta, Selasa (29/8/2023). (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)
Menariknya, pasta spageti yang notabene berasal dari luar Indonesia terasa cocok disajikan dengan sambal matah khas Indonesia. Saat memakan menu tersebut, jangan lupa untuk mengaduk terlebih dahulu spageti dengan sambal matah di atasnya agar lebih nikmat.
 
Terakhir, ada menu pesto prawn, yakni sajian pasta spageti dengan saus pesto dan udang segar. Menu tersebut cocok dimakan sebagai sajian makan siang atau makan malam karena porsinya yang pas untuk dimakan oleh satu orang.
Menu pesto prawn di restoran ANTARASA di Jakarta, Selasa (29/8/2023). (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)
 
Semua sajian terbaru tersebut dapat dinikmati langsung di gerai ANTARASA One Satrio, Jakarta Selatan dengan harga mulai dari Rp85 ribu - Rp599 ribu.

Baca juga: Tips membuat kue untuk pemula ala Chef Beno

Baca juga: Sepiring penuh rasa Indonesia di Semaja

Baca juga: Cerita Chef Theo jadi food producer di acara kompetisi memasak

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023