Jakarta (ANTARA) - Kanada akan memperkuat dukungan kepada Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Pandangan ASEAN terhadap Indo-Pasifik (ASEAN Outlook on the Indo-Pacific/AOIP) serta meluncurkan kemitraan strategis ASEAN-Kanada.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau akan berpartisipasi dalam Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN (KTT ASEAN) pada 5-6 September 2023, menurut keterangan tertulis Kedubes Kanada di Jakarta, Kamis.

Perdana Menteri Trudeau akan bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo untuk melanjutkan kerja sama dalam melawan perubahan iklim, memperbaiki keamanan pangan, dan memajukan hubungan ekonomi.

Untuk memajukan hubungan ekonomi antara Indonesia dan Kanada, Trudeau akan menegaskan kembali komitmen Kanada untuk menyelesaikan perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif dengan Indonesia.

Trudeau akan menghadiri KTT ASEAN-Kanada yang nantinya akan secara resmi meluncurkan Kemitraan Strategis ASEAN-Kanada.

Disebutkan pula bahwa Trudeau mendukung Pandangan ASEAN terhadap Indo-Pasifik untuk memajukan perdamaian dan stabilitas kawasan, perdagangan berbasis aturan, keamanan pangan, dan pertumbuhan ekonomi yang memberi manfaat untuk semua.

Trudeau juga akan menegaskan kembali komitmen Kanada untuk memperkuat dan menghilangkan hambatan perdagangan untuk menciptakan pekerjaan yang layak dan membuat hidup lebih baik bagi orang-orang di kedua sisi Samudera Pasifik.

Dari KTT ASEAN, Trudeau akan menghadiri KTT G-20 di India dan akan mempromosikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam kapasitasnya sebagai Ketua Bersama kelompok Advokat SDG.

Selain itu, Trudeau juga akan memperjuangkan kolaborasi di bidang perubahan iklim, keamanan pangan dan energi, kesetaraan gender, dan perbaikan kesehatan global.

"Saya menantikan untuk bertemu dengan pemimpin global untuk membahas tantangan dan krisis yang kita hadapi saat ini, dan memastikan ekonomi yang kuat untuk sekarang dan untuk generasi-generasi yang akan datang," kata Trudeau.

Kunjungan Perdana Menteri Trudeau ke ASEAN, yang berada di jantung kawasan Indo-Pasifik, dan kawasan Indo-Pasifik tersebut akan menjadi peluang untuk menghasilkan kemajuan dan memberikan hasil dalam isu-isu penting bagi Kanada dan para mitra internasional.

Kanada selalu dan akan menjadi pembela tatanan internasional berbasis aturan dan kemajuan perdagangan dan ekonomi global yang bergantung pada aturan-aturan tersebut dan akan terus bekerja sama dengan para mitra internasional untuk mengatasi tantangan dan bersiap menghadapi peluang yang ada.

"Kita hidup di dunia yang semakin saling berhubungan, dan jelas bahwa krisis hari ini hanya dapat diatasi jika kita saling berusaha," ujar Trudeau.

 

Baca juga: Pelaku usaha ASEAN-Kanada perkuat kerja sama ekonomi dan perdagangan
Baca juga: Memperkuat kemitraan dengan ASEAN jadi prioritas utama Kanada
Baca juga: Kanada tak pernah ragu pada pentingnya bermitra dengan ASEAN

 

Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2023