Bengaluru (ANTARA) - Saham Inggris dibuka datar pada perdagangan Kamis karena penurunan saham-saham pertambangan setelah data China yang lemah dimitigasi oleh kenaikan saham-saham pengembang perumahan.

Indeks saham-saham unggulan blue-chips FTSE 100 yang berorientasi ke pasar luar negeri datar di awal perdagangan, sedangkan indeks saham-saham berkapitalisasi sedang atau mid-caps FTSE 250 yang fokus ke pasar domestik naik 0,1 persen.

Saham penambang logam industri melemah 0,9 persen, mengikuti penurunan harga logam setelah data menunjukkan aktivitas manufaktur China mengalami kontraksi selama lima bulan berturut-turut pada Agustus.

Perusahaan pertambangan logam mulia tergelincir 1,7 persen, memimpin penurunan sektoral.

Baca juga: Saham Inggris reli hari keenam, indeks FTSE 100 terangkat 0,12 persen

Baca juga: Saham Inggris dibuka menguat didukung perusahaan-perusahaan asuransi


Yang semakin membebani para penambang adalah Glencore dan Endeavour Mining, masing-masing anjlok 4,8 persen dan 2,0 persen karena kedua saham tersebut memperdagangkan ex-dividen.

Pengembang perumahan menguat 0,7 persen memperpanjang kenaikan untuk hari ketiga berturut-turut.

Saham Frasers naik 0,7 persen setelah grup pakaian olahraga Inggris itu meningkatkan kepemilikannya di penjual fesyen daring Boohoo menjadi 9,1 persen dari 7,8 persen, menurut laporan kepada regulator.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS mengeluarkan peringatan kepada tiga pembuat susu formula bayi termasuk Mead Johnson Nutrition dari Reckitt Benckiser Group untuk memperbaiki proses produksi mereka agar dapat menangkap kontaminasi bakteri dengan lebih baik. Saham Reckitt turun 1,2 persen.

Baca juga: Saham Inggris untung hari ke-5, indeks FTSE 100 bertambah 1,72 persen

Baca juga: Saham Inggris dibuka lebih tinggi ditopang sektor pertambangan

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2023