Beijing (ANTARA) - Sektor manufaktur China menunjukkan peningkatan iklim bisnis pada Agustus 2023 seiring dengan meningkatnya indikator utama selama tiga bulan berturut-turut, tunjuk data resmi pada Kamis (31/8).

Indeks manajer pembelian (purchasing managers index/PMI) untuk sektor manufaktur China mencapai 49,7 pada Agustus, naik dari 49,3 pada Juli, menurut Biro Statistik Nasional (National Bureau of Statistics/NBS) China.

Angka di atas 50 menunjukkan ekspansi, sementara di bawah 50 mencerminkan kontraksi.

Di antara 21 industri yang disurvei, 12 melaporkan ekspansi pada Agustus, naik dari 10 industri sebulan sebelumnya. Terdapat perbaikan menyeluruh pada iklim manufaktur, kata ahli statistik NBS Zhao Qinghe.

Data pada Kamis tersebut juga menunjukkan bahwa PMI nonmanufaktur, tercatat 51 pada Agustus, jauh di atas garis merah selama delapan bulan berturut-turut, yang mengindikasikan aktivitas kuat di industri jasa dan konstruksi.

"PMI gabungan China mencapai 51,3 pada Agustus, yang menunjukkan bahwa keseluruhan produksi di perusahaan manufaktur dan nonmanufaktur terus meningkat," papar Zhao.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Hanni Sofia
COPYRIGHT © ANTARA 2023