Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping pada Jumat (1/9) menyampaikan ucapan selamat kepada fakultas, mahasiswa, dan lulusan Universitas Nasional Teknologi Pertahanan (NUDT) yang merayakan HUT ke-70.

Dalam surat ucapan selamat yang dikirimkan Xi kepada universitas, dia mengakui kontribusi besar yang ditorehkan oleh lembaga pendidikan itu dalam tujuh dekade terakhir bagi pembangunan pertahanan nasional dan angkatan bersenjata.

Dia juga menekankan bahwa universitas itu telah mencetak para lulusan yang unggul, mencatatkan berbagai terobosan ilmu pengetahuan dan teknologi mutakhir, serta membuat kemajuan dalam penelitian dan pengembangan persenjataan dan perlengkapan.

Xi berharap NUDT akan sepenuhnya menerapkan kebijakan pendidikan militer untuk era baru, membina personel militer profesional berkaliber tinggi, meningkatkan inovasi dalam bidang ilmu dan teknologi pertahanan, serta berupaya memainkan peran penting dalam penguatan militer melalui ilmu pengetahuan dan teknologi serta pelatihan personel.

Wakil Ketua Dewan Militer Pusat (CMC) Zhang Youxia membacakan surat Xi dalam pertemuan peringatan yang digelar di Changsha, ibu kota Provinsi Hunan, China tengah, tersebut.

Sangat penting untuk mempelajari dan mempraktikkan prinsip-prinsip panduan dari instruksi Xi tersebut, kata Zhang.

Dia menyerukan kepada NUDT agar lebih meningkatkan kualitas dan kapasitas pendidikan untuk inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta berupaya membangun universitas itu menjadi institusi pendidikan tinggi kelas dunia.

Pewarta: Xinhua
Editor: Bayu Prasetyo
COPYRIGHT © ANTARA 2023