Belitung (ANTARA) -
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Sandiaga Salahuddin Uno mengikuti kegiatan Belitung Heritage City Walk Street Carnival bersama ribuan warga untuk mempromosikan potensi wisata sejarah di Bumi Laskar Pelangi.

"Saya berterima kasih kepada masyarakat Belitung yang antusiasmenya luar biasa," katanya di Tanjung Pandan, Minggu.

Menurut dia, kegiatan Belitung Heritage City Walk Street Carnival tersebut diikuti sekitar 15.000 peserta.

"Ini mungkin yang terbesar setelah pandemi COVID-19 kita bisa berkumpul ada sekitar 15.000 peserta," ujarnya.

Baca juga: Menparekraf rekomendasikan delegasi KTT ASEAN kunjungi Belitung

Ia menjelaskan, kegiatan sebesar ini diharapkan mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat untuk menyambut kedatangan para wisatawan ke daerah itu.

"Kami melihat antusiasme masyarakat menyambut kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia," katanya.

Dikatakan dia, Pulau Belitung merupakan salah satu  dari 10 destinasi prioritas di Tanah Air yang sedang dikembangkan oleh Kemenparekraf RI.

"Kami harapkan pariwisata Belitung dapat menciptakan geliat ekonomi masyarakat,," ujarnya.

Ia menambahkan, berdasarkan hasil perbincangan, masyarakat menginginkan perekonomian menjadi lebih baik ke depan. Selain itu, lapangan kerja terbuka luas dan harga bahan kebutuhan pokok lebih stabil.

"Saya melihat antusiasme masyarakat yang menunjukkan bahwa masyarakat siap berkolaborasi dengan pemerintah untuk keberlanjutan pembangunan," katanya.

Baca juga: Menparekraf: JPJR Belitung Timur jadi ajang terbaik promosikan rempah

Sandiaga menyebutkan, pihaknya juga terus mendukung hadirnya kembali penerbangan internasional langsung ke Belitung.

"Saya katakan penerbangan internasional harus dilandasi dengan kegiatan yang berkelas internasional seperti KTT ke-43 ASEAN. Bangka Belitung dan Belitung harus mengambil peluang bagaimana nanti setelah selesai KTT ASEAN para delegasi melanjutkan liburan ke Belitung," ujarnya.

Di samping itu, Sandiaga juga mengapresiasi kualitas udara di Belitung yang terjaga dengan sangat baik dan tidak ada polusi.

"Sehingga bisa "healing" ke Belitung karena kualitas udara di Jakarta lagi kurang baik, penerbangan akan kami tambah dan bisa menikmati sensasi liburan di Belitung," kata Sandiaga.

Pewarta: Kasmono
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2023