Jakarta (ANTARA) - Tim dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI melakukan kunjungan kerja di Kampung Damai, Distrik Kwamki Narama, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah dalam rangka peninjauan upaya pemerataan pembangunan wilayah dan percepatan pembangunan di Kabupaten Mimika.
 
"Kami optimistis  melihat hasil panen yang luar biasa, masyarakat Kampung Damai telah memanfaatkan alam untuk menghasilkan hasil bumi yang sangat baik," kata Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Kemenko PMK Nunung Nuryartono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.
 
Nunung mengaku senang dengan potensi hasil bumi yang melimpah di Kampung Damai. Sumber daya alam dan hasil bumi di Kampung Damai bisa dikelola lebih baik untuk kemajuan desa dan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Kemenko PMK minta sekolah di Mimika tanamkan sikap rukun pada murid
 
Selain itu, Nunung mengatakan pihaknya akan mengajak kementerian terkait untuk berkontribusi dalam pengelolaan hasil bumi Kampung Damai untuk kemajuan kampung dan Kabupaten Mimika.
 
"Kami juga mendorong supaya bisa dimanfaatkan dan diolah lebih baik lagi . Kami juga akan menghubungi kementerian terkait agar pengolahan bisa dilakukan lebih maksimal," ujarnya.
 
Dalam kesempatan itu juga, Deputi Nunung menerima usulan pembangunan dari Kepala Distrik Kwamki Narama dan jajaran distrik dan kampung, yang kemudian akan disampaikan kepada Menko PMK untuk ditindaklanjuti dan direalisasikan.
 
Kampung Damai, Distrik Kwamki Narama, Kabupaten Mimika, Papua Tengah mendapatkan anggaran dana desa atau dana kampung untuk tahun 2023 sebesar Rp2,8 miliar.
 
Dari total jumlah tersebut sudah dialokasikan anggarannya untuk penyelenggaraan bidang pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat, serta bidang penanggulangan bencana, darurat, dan mendesak.

Baca juga: Kemenko PMK: Layanan kesehatan primer harus dapatkan perhatian khusus
 
Dalam kesempatan yang sama, Plt. Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana Sorni Paskah Daeli meminta supaya Kampung Damai bisa memanfaatkan potensi desa dan mengelola anggaran dana desa lebih baik lagi.
 
Dia mengatakan, Pemerintah Pusat akan mendukung penuh pembangunan di Kabupaten Mimika, khususnya di Kampung Damai supaya bisa menjadi salah satu kampung yang maju di Mimika.
 
Sorni menyebutkan potensi yang ada di Kampung Damai juga bisa menjadi solusi mengatasi masalah-masalah seperti stunting yang mana hasil bumi bisa diolah untuk makanan bergizi anak-anak, serta untuk mengatasi kemiskinan ekstrem.
 
"Mari kita dukung bersama-sama apa yang dilakukan oleh pemerintah, kami akan berkomitmen untuk terus memberikan support. Kami yakin Papua akan menjadi maju, menjadi provinsi andalan NKRI. Kami yakin sumber daya manusia di Kampung Damai akan menjadi contoh bagi kampung lainnya di seluruh wilayah," ujar Plt. Deputi Sorni Paskah Daeli.

Baca juga: BPJS Kesehatan rekrut peserta JKN di desa melalui PESIAR
 
 

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Sambas
COPYRIGHT © ANTARA 2023