Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik kemarin (1/9) menjadi sorotan, di antaranya PBB deklarasi bulatkan tekad dukung Prabowo di 2024 hingga tokoh NU optimistis pasangan Anies-Gus Imin dulang suara pilpres di Jatim

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:

PBB deklarasi bulatkan tekad dukung Prabowo di 2024

Partai Bulan Bintang (PBB) menggelar acara deklarasi diri sebagai bentuk membulatkan tekad mendukung bakal calon Presiden Republik Indonesia Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden 2024.

"Kami sudah musyawarah dan memutuskan, keputusan diambil bersama Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PBB untuk memutuskan mencalonkan Bapak Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden di 2024," kata Yusril di atas panggung.

Selengkapnya baca di sini.

Tokoh NU optimistis pasangan Anies-Gus Imin dulang suara Pilpres di Jatim

Tokoh NU sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Ma'arif Denanyar Jombang, KH. Abdussalam Shohib menyambut positif koalisi Partai Nasdem dengan PKB untuk mengusung pasangan bakal calon presiden-calon wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, dan meyakini poros baru ini bakal mendulang suara di Jawa Timur saat gelaran Pilpres 2024.

"Jawa Timur kan basis NU dan PKB. Saya kira (raupan suara di Pilpres) bisa mencapai 70 persen. Itu tergantung berapa pasangan nanti, kalau tiga (pasangan) ya 50 persen," kata KH Abdussalam Shohib atau yang biasa disapa Gus Salam, seusai menghadiri acara Ngaji Alumni Mambaul Ma'arif Denanyar di Ponorogo, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

ASEAN gotong royong maksimalkan tarik investasi 20 triliun dolar AS

Ketua ASEAN-Business Advisory Council (ASEAN-BAC) Arsjad Rasjid menekankan perlunya gotong royong dan kolaborasi antara negara-negara ASEAN untuk bisa memaksimalkan potensi investasi di kawasan yang diperkirakan mencapai hingga 20 triliun dolar AS hingga 2045.

"Dengan adanya epicentrum of growth di ASEAN, kita melihat potensinya sampai 20 triliun dolar AS bisa kita capai sampai 2045. Potensinya besar sekali," katanya dalam ASEAN Business and Investment Summit (ABIS) di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

PPP: Parpol koalisi Ganjar akan bahas kriteria cawapres pada Senin

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi mengatakan partai politik pengusung dan pendukung bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo akan bertemu di DPP PDI Perjuangan pada Senin (5/9), untuk membahas kriteria bakal calon wakil presiden (cawapres).

“Namanya politik, tidak mungkin tidak disinggung dalam rapat (terkait cawapres). Bisa saja melihat kriteria (cawapres)," kata Baidowi atau Awiek sapaan karib Achmad Baidowi kepada ANTARA di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

Puan sebut akan jajaki peluang kerja sama dengan Demokrat

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menyebut partainya akan menjajaki peluang kerja sama dengan semua partai politik, termasuk Partai Demokrat yang telah menyatakan keluar dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

"Komunikasi dengan Demokrat) masih terjalin dan terus terjalin. Tentu saja setelah ini kami akan melakukan silaturahmi untuk menjajaki kemungkinan-kemungkinan yang ada, termasuk ke semua partai," kata Puan di Benteng Vastenburg, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (2/8) malam, sebagaimana keterangan tertulis diterima di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023