Beijing (ANTARA) - China membentuk satu biro di bawah badan perencana ekonomi tertinggi negara tersebut yang dikhususkan untuk mendorong pengembangan ekonomi swasta.

Biro itu dibentuk untuk memperkuat koordinasi kebijakan di sejumlah bidang relevan, serta memastikan bahwa langkah-langkah terkait diterapkan sedini mungkin dan mencapai hasil nyata, kata Wakil Kepala Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional China Cong Liang dalam konferensi pers pada Senin (4/9).

Menurut komisi itu, tanggung jawab utama yang diemban biro tersebut mencakup melacak, mempelajari, dan menganalisis pengembangan ekonomi swasta, mengoordinasikan dan mengorganisasi perumusan kebijakan dan langkah untuk mendorong pengembangan ekonomi swasta, serta merumuskan kebijakan guna mendorong pertumbuhan investasi swasta.

Biro itu juga bertanggung jawab atas pembentukan mekanisme komunikasi rutin dengan perusahaan-perusahaan swasta, mengoordinasikan upaya untuk mengatasi masalah-masalah utama yang berkaitan dengan pengembangan ekonomi swasta, serta berupaya meningkatkan daya saing internasional ekonomi swasta.

Pewarta: Xinhua
Editor: Bayu Prasetyo
COPYRIGHT © ANTARA 2023