Jayapura (ANTARA) - Satgas Mobile Raider 300/Braja Wijaya membantu masyarakat di Distrik Sinak Kabupaten Puncak, Papua Tengah dengan memberikan bantuan memasangkan instalasi listrik ke honai mereka.

Komandan Batalion Infantri Raider 300/Braja Wijaya, Letkol Infantri Afri Swandi Ritonga, dalam keterangan tertulis kepada ANTARA, Selasa, mengatakan, bantuan yang berikan ke warga termasuk instalasi listrik ke honai atau rumah khas masyarakat pegunungan di Tanah Papua.

Baca juga: Kodam XVII Cenderawasih akan rekrut 1000 prajurit "Bintara Honai"

Listrik yang dialirkan ke rumah warga itu berasal dari sel surya sehingga pemukimannya terang terutama di malam hari.

Memang listrik yang dialiri ke masyarakat tidak seberapa namun diharapkan dapat membantu terutama untuk penerangan, apalagi warga sudah lama menginginkan kampungnya dialiri listrik, kata Ritonga.

Baca juga: Kapolda Papua akui masih ada kesempatan bagi KKB serahkan diri

Diakui, baru 15 honai warga yang dialiri listrik karena keterbatasan infrastruktur dan medan yang sulit diakses. Saat pemasangan instalasi nampak warga setempat turut membantu dan itu menunjukkan semangat gotong royong antara prajurit dengan warga setempat, " kata dia.

Salah satu warga, Yohanes Wenda Murib, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas bantuan dari Satgas Mobile Raider 300/Braja Wijaya dari Kodam III/Siliwangi itu yang telah membuat kampungnya terang.

Baca juga: 10 honai bantuan panglima TNI diserahkan

Dengan adanya aliran listrik selain kampung menjadi terang juga anak-anak dapat belajar di malam hari.

Selain itu jalan disekitar perkampungan juga relatif terang karena adanya lampu. "Terima kasih bapa TNI atas bantuannya sehingga kampung kami terang terutama dimalam hari," kata Murib.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2023