Jakarta (ANTARA) - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)  Yayasan Upakara Bhuvana mendatangi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk mengusulkan inovasi penanganan polusi udara lewat penyemprotan eko-enzim yang terbuat dari  sisa kulit buah.
 
"Kami ini kan sangat prihatin terhadap kondisi udara Jakarta ini, nah kami dari Komunitas Upakara Bhuvana Nusantara  mencoba mengusulkan kepada Pak Gubernur, bagaimana kalau kita spray (semprot) Jakarta dengan eko-enzim," kata Ketua Yayasan Upakara Bhuvana Nusantara, Sugeng Waluyo di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu.
 
Sugeng menyebut penyemprotan eko-enzim ini dapat menjadi salah satu solusi untuk mengurangi polusi udara di Ibu Kota yang berfungsi sebagai bioremediasi. Bioremediasi sendiri merupakan penggunaan mikroorganisme untuk mengurangi polutan di lingkungan.
 
"Remediasi menggunakan bakteri. Bakteri ini nanti akan berkembang biak memakan polutan-polutan itu dan mengubahnya menjadi suatu senyawa yang tidak beracun dan tidak berbahaya bagi manusia," jelas Sugeng.
 
Lebih lanjut, Sugeng mengatakan pertemuannya dengan Pj Gubernur Heru berjalan lancar. Dalam waktu dekat, kata Sugeng, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mengundang beberapa pemangku kepentingan (stakeholder) terkait untuk membicarakan inovasi tersebut.

Pemangku kepentingan tersebut seperti Perumda Pasar Jaya, wali kota, dan kelurahan. Hal itu karena inovasi tersebut memanfaatkan  sampah organik sebagai bahan utama.
 
Sugeng berharap, eko-enzim yang terbuat dari sampah sisa kulit buah itu nantinya dapat diterapkan di DKI Jakarta. Selain dapat mengurangi polusi udara, eko-enzim tersebut juga dapat mengurangi sampah organik.
 
"Jadi nanti kita pasok  eko-enzim nya dari komunitas kami. Tapi kedepannya kami  meminta seluruh masyarakat untuk membuat sendiri. Jadi nanti mengurangi limbah organik yang tadinya 65 persen untuk tidak perlu datang ke tempat pembuangan sampah akhir (TPA)," ucap Sugeng.
Baca juga: Gedung Pemkot Jaksel dipasang "water mist" guna kurangi polusi udara
Baca juga: DKI: Perusahaan swasta koordinasi ke BRIN soal pasang alat pengabut
Baca juga: DKI perluas jangkauan layanan uji emisi demi sehatkan udara

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2023