Jenewa (ANTARA) - Presiden Komite Olimpiade Internasional (International Olympic Committee/IOC) Thomas Bach pada Selasa (5/9) mengumumkan komisi IOC untuk 2023 sekaligus menyatakan komitmennya terhadap kesetaraan gender serta meluncurkan sebuah Komisi Esports baru.

David Lappartient ditunjuk sebagai ketua Komisi Esports. Dia sebelumnya memimpin IOC Esports Liaison Group, dan ajang Olympic Esports Week di Singapura pada Juni merupakan sukses besar dalam kompetisi olahraga virtual.

"IOC percaya bahwa olahraga virtual memiliki potensi untuk melengkapi dan meningkatkan olahraga Olimpiade konvensional, serta dapat memberikan peluang baru bagi para atlet dan penggemar untuk berpartisipasi dalam Gerakan Olimpiade (Olympic Movement)," kata Bach seperti dikutip dalam pernyataan IOC.

IOC akan menjaga keseimbangan gender di seluruh posisi komisinya untuk 2023. Selain itu IOC juga menggarisbawahi dedikasinya untuk mempromosikan kesetaraan dan inklusi gender di seluruh sektor olahraga.

Dari 583 posisi di komisi IOC, 287 dipegang oleh pria dan 296 oleh wanita. Hal ini mencerminkan pertumbuhan substansial dalam keterwakilan perempuan dari sebelumnya sebesar 20 persen pada 2013 lalu.

Pekan Komisi IOC berikutnya akan digelar secara daring pada November mendatang.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023