Jakarta (ANTARA) - Komisi IV DPR RI menyetujui pagu anggaran Badan Pangan Nasional (Bapanas) untuk Tahun Anggaran (TA) 2024 sebesar Rp441,6 miliar, salah satunya ditujukan untuk konsumsi pangan berkualitas.

"Selanjutnya, Komisi IV DPR RI akan menyampaikan hasil pembahasan Rancangan Kerja dan Anggaran (RKA) Bapanas TA 2024 kepada Badan Anggaran DPR RI untuk disinkronisasi," kata Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini dalam rapat dengar pendapat (RDP) di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis.

Dari total anggaran tersebut, sebanyak Rp327,77 miliar direncanakan untuk program ketersediaan, akses, dan konsumsi pangan berkualitas. Selain itu, Rp113,8 miliar dialokasikan Bapanas untuk program dukungan manajemen.

Dalam penyusunan rencana kerja dan program, Komisi IV DPR meminta Bapanas untuk mengedepankan skala prioritas serta fokus pada tugas pokok dan fungsinya sebagai pembuat kebijakan dalam pengelolaan pangan.

Selain itu, penyusunan program kerja Bapanas diminta agar tidak tumpang tindih dengan program di kementerian/lembaga lainnya seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Sosial, dan seterusnya.

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi menjelaskan, program ketersediaan, akses, dan konsumsi pangan berkualitas terbagi atas tiga program, yaitu pemantapan ketersediaan serta stabilisasi pasokan dan harga pangan dengan anggaran sebesar Rp139 miliar.

Selain itu, program pengendalian kerawanan pangan serta pemantapan kewaspadaan pangan dan gizi dianggarkan sebesar Rp86,8 miliar, serta pemantapan penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan sebesar Rp101,8 miliar.

Adapun program dukungan manajemen terbagi atas gaji dan operasional perkantoran sebesar Rp62,8 miliar serta dukungan manajemen teknis lainnya baik di pusat maupun daerah sebesar Rp50,9 miliar.

Bapanas juga mengusulkan penambahan anggaran dengan total sebesar Rp841,1 miliar untuk tambahan program ketersediaan, akses, dan konsumsi pangan serta program dukungan manajemen. Namun, Komisi IV DPR belum menyetujui usulan anggaran tambahan tersebut.

Arief menambahkan, Bapanas akan berkoordinasi kembali dengan kementerian/lembaga terkait sehingga program tidak tumpang tindih. Menurut dia, catatan-catatan dari Komisi IV DPR menjadi bahan masukan bagi Bapanas.

"Kebijakan Ketua (Komisi IV DPR) akan kami dukung. Usulan ini adalah yang terbaik dari yang kami usulkan," kata Arief.

Baca juga: Bapanas salurkan 640 ribu ton beras bantuan pada pekan depan

Baca juga: Bapanas: RI jadi andalan pangan di ASEAN

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Imam Budilaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2023