• Model Baru Ini Menduduki Peringkat ke-1 di Hugging Face Leaderboard Untuk LLM Akses Terbuka  
  • Model Parameter 180 Miliar Dilatih dengan 3,5 Triliun Token, dengan Sumber Daya Komputasi 4 kali lipat dibanding LLaMA 2 milik Meta  
  • Falcon 180B adalah Akses Terbuka untuk Peneliti dan Pengguna Komersial  

Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (ANTARA/Business Wire)- Technology Innovation Institute (TII) di Uni Emirat Arab (UEA) kembali mendobrak batas AI generatif melalui peluncuran Falcon 180B, yaitu iterasi canggih dari Large Language Model (LLM) unggulannya. Peluncuran inovatif ini makin memperkokoh dominasi UEA di bidang AI, dengan menawarkan Falcon 180B sebagai model akses terbuka untuk tujuan penelitian dan komersial. 

Menyusul kesuksesan luar biasa yang diraih Falcon 40B, TII sebagai pilar penelitian terapan di Advanced Technology Research Council (ATRC) Abu Dhabi terus merajai AI generatif. Falcon 40B adalah model AI open source yang melesat ke peringkat puncak Hugging Face Leaderboard untuk LLM pada bulan Mei 2023. Falcon 40B juga salah satu contoh pertama open source bagi peneliti dan pengguna komersial, dan dianggap sebagai lompatan perintis di bidangnya. 

H.E. Faisal Al Bannai, Sekretaris Jenderal Advanced Technology Research Council (ATRC), menekankan dampak positif Falcon terhadap lanskap AI: “Kami membayangkan masa depan di mana kekuatan transformatif AI dapat dijangkau oleh semua orang. Kami berkomitmen menyediakan akses ke AI yang canggih untuk semua orang, karena privasi kita dan potensi dampak AI atas umat manusia tidak boleh dikendalikan oleh segelintir orang saja. Meskipun mungkin kami tidak memiliki semua jawaban, tekad kami tetap teguh: bekerja sama dan berkontribusi terhadap komunitas open source, dengan memastikan bahwa semua orang dapat menikmati manfaat AI.” 

Dengan parameter 180 miliar yang mencengangkan dan dilatih pada 3,5 triliun token, Falcon 180B melesat ke puncak peringkat Hugging Face Leaderboard untuk LLM yang telah dilatih sebelumnya. Falcon 180B mengungguli para pesaing terkenal seperti LLaMA 2 milik Meta dalam berbagai tolok ukur, termasuk tes penalaran, tes pengkodean, tes kemahiran, dan tes pengetahuan. 

Di antara LLM closed source terbaik, peringkat Falcon 180B tepat di bawah GPT 4 terbaru milik OpenAI dan setara dengan kinerja PaLM 2 Large milik Google, model yang mendukung Bard – meskipun ukurannya hanya setengah dari model ini. Kerangka lisensi model ini dibuat berdasarkan 'Falcon 180B TII License', yang berdasarkan Apache 2.0. 

Kata Ebtesam Almazrouei, Direktur Eksekutif dan Pelaksana Tugas Kepala Peneliti AI Cross-Center Unit di TII: "Peluncuran Falcon 180B membuktikan dedikasi kami untuk memajukan batas-batas AI, dan kami senang sekali berbagi potensi AI yang tak terbatas kepada dunia. Falcon 180B menandai era baru AI generatif, di mana potensi kemajuan ilmu pengetahuan tersedia melalui akses terbuka untuk mendorong inovasi masa depan. Saat mempelajari batas-batas ilmu pengetahuan dan teknologi, visi kami jauh melampaui inovasi; yakni tentang membina hubungan yang mendalam untuk mengatasi berbagai tantangan global melalui terobosan kerja sama.” 

Dengan lebih dari 12 juta pengembang menggunakan dan menerapkan peluncuran perdana Falcon, peningkatan signifikan ini siap menjadi model utama untuk berbagai domain, mulai dari chatbot hingga pembuatan kode, dan seterusnya. 

Falcon 180B kompatibel dengan bahasa-bahasa utama berikut ini: Inggris, Jerman, Spanyol, dan Prancis, dengan kemampuan terbatas untuk bahasa Italia, Portugis, Polandia, Belanda, Rumania, Ceko, dan Swedia. 

Untuk informasi lebih lanjut, harap kunjungi FalconLLM.tii.ae 

Sumber: AETOSWire 

Tersedia Galeri Multimedia/Foto: https://www.businesswire.com/news/home/53549829/en 

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum. 

 

Kontak 

Jennifer Dewan, Direktur Senior Departemen Komunikasi 
jennifer.dewan@tii.ae. 

 

Sumber: The Technology Innovation Institute 


Tolok Ukur Falcon 180B (Foto: AETOSWire) 

 

 

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2023