Milwaukee, Wisconsin (ANTARA News) - LeBron James mencetak 30 poin untuk mengantarkan Miami menyisihkan Milwaukee Bucks sekaligus lolos ke putaran kedua playoff NBA Senin pagi WIB tadi, sedangkan Boston Celtics belum mau menyerah terhadap New York.

Juara bertahan Miami mengatasi Bucks dengan 88-77 untuk memenangi empat game dari dari format best-of-seven dan menjadi tim pertama yang maju ke putara kedua kendati guard Dwyane Wade harus keluar lapangan karena cedera lutut.

Wade perlu waktu agak lama untuk sembuh, padahal Heat akan bertanding di putara kedua Sabtu pekan ini melawan pemenang antara Chicago atau Brooklyn.

"Cara kami bermain, kami tak ingin banyak istirahat," kata James seperti dikutip AFP. "Kami hanya harus melanjutkan kebiasaan kami, mencari ruang untuk menyerang dan rapat bertahan."

Di Boston, Jason Terry mencetak sembilan poin terakhir Celtics dalam 92 detik terakhir untuk mengantarkan tuan rumah mengatasi Knicks 97-90 dan membawa Boston memperkecil ketertinggalan menjadi 3-1. Pemenang pertandingan ini akan menghadapi pemenang antara Atlanta atau Indiana.

Celtics memaksakan game kelima digelar Rabu waktu AS atau Kamis WIB nanti, kendati tak pernah ada satu pun klub dalam sejarah NBA yang bisa memenangi seri playoff setelah kalah tiga game.

"Semangat dan hati seorang juara membuat kami bertahan," kata Terry. "Mereka telah luar biasa melewati kami. Tapi kami belumlah mati."

Heat menyampu empat game untuk pertama kalinya sejak 2005. Miami memimpin 3-0 di pembukan putaran playoff dua tahun lalu namun gagal merebut game keempat.

Lemparan Monte Ellis membuat Milwaukee memimpin dengan 69-67, namun Miami melesat dengan 19 lawan 5 poin di menit berikutnya diantaranya berkat empat upaya tembakan tiga angka, masing-masing dua dari Ray Allen dan masing-masing satu dari Mario Chalmers dan Shane Battier.

Ketika layup James berbuah skor, Heat memimpin jauh dengan 88-72 dan suratan nasib Milwaukee pun sudah ditentukan.

"Setiap kali mereka berusaha menguji kami, maka kami mampu menahannya," kata James seperti dikutip AFP. "Begitu mereka berlari menekan, kami mampu menghadangnya dengan salah satu dari kami."

Di Boston, Knicks yang sempat tertinggal 20 poin di kuarter ketiga berbalik unggul 84-82, lalu disamakan Kevin Garnett sehingga memaksakan overtime (perpanjangan waktu).

Terry yang mencetak 18 poin, sukses mengeksekusi lemparan tiga poin pada sisa waktu 1 menit 32 detik dalam lima menit waktu tambahan, untuk memberi Boston unggul 91-88.

Carmelo Anthony lalu mencetak skor untuk Knicks namun Terry melompat untuk memasukkan bola dari baseline demi mengantar Boston memimpin 93-90.

Upaya tembakan 3 angka Anthony gagal, sementara Terry mencetak dua angka dari lemparan bebas, disambung satu layup yang mengantarkan Celtics menang.

Paul Pierce memimpin dengan 29 poin untuk Boston, sedangkan Jeff Green menambahkan 26 poin dan Garnett dengan 13 poin serta 17 rebound.

Anthony yang tak pernah merasakan lolos ke putaran kedua playoff NBA, mengemas 36 poin, sedangkan Raymond Felton menambahkan 27 poin.

Knicks bermain dengan tak diperkuat NBA Sixth Man of the Year J.R. Smith yang dilarang tampil karena menyikut Terry saat menang Jumat pekan lalu.

Pierces mencetak 17 poin termasuk satu lemparan tiga angka yang membuat Celtics unggul di kuarter kedua dengan 54-35, amun Felton yang mencatat 16 poin termasuk satu lemparan tiga angka membuat Knicks unggul 68-65 saat memasuki kuarter kempat.

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2013