Jakarta  (ANTARA News) - Barcelona mesti menunggu waktu lebih lama lagi untuk dimahkotai juara La Liga setelah ditahan seri 2-2 oleh Athletic Bilbao, sebaliknya Paris St Germain dan Juventus kian dekat ke tangga juara.

Setelah Manchester United menjadi juara Liga Premier, fokus di liga ini beralih ke pertarungan keras memperebutkan dua jatah tersisa Liga Champions antara Arsenal dan Chelsea.  Dua jatah lainnya menjadi milik duo Manchester.

Spanyol

Pesta juara Barcelona mesti ditunda sampai pekan berikutnya setelah Athletic Bilbao menciptakan gol pada menit-menit terakhir untuk menyamakan kedudukan 2-2 saat kedua tim berlaga Sabtu pekan lalu.

Keunggulan Barca dipangkas menjadi 11 poin oleh peringkat kedua Real Madrid yang menang 2-1 dari tim sekota Atletico Madrid. Gol bunuh diri Juanfran dan satu lainnya dari Angel Di Maria mengantarkan Madrid menang.

Atletico mengemas 68 poin, 10 poin di depan peringkat empat Real Sociedad yang menang 4-2 dari Valencia Minggu kemarin.

Inggris

Reading dan Queens Park Rangers terusir dari Liga Premier setelah bermain seri 0-0.  Usai berjuang lama selama musim ini untuk tak terlempar dari kompetisi utama, kedua klub tak bisa mengoleksi poin lebih untuk melemparkan Aston Villa yang hanya satu posisi di zona degradasi.

Chelsea mengambil inisiatif menyerang untuk berada di empat besar yang sekaligus zona Liga Champions setelah menang 2-0 dari Swansea.  Kini Chelsea mengemas 65 poin.

Sebaliknya Arsenal turun ke peringkat empat dengan 64 poin setelah seri 1-1 melawan tim juara Manchester United berkat gol Robin van Persie. Tottenham, yang seri 2-2 melawan Wigan, berada di peringkat lima dengan 62 poin.

Jerman

Sudah dimahkotai juara liga dua pekan lalu, Bayern Munich mengejar rekor poin terbanyak dalam sejarah Bundesliga ketika mencetak 84 poin berkat menang 1-0 dari Freiburg Sabtu pekan lalu, sumbangan gol Xherdan Shaqiri.

Pelatih Jupp Heynckes mengistirahatkan sejumlah pemain kunci menjelang leg kedua semifinal Liga Champions melawan Barcelona Rabu nanti.

Semifinalis Liga Champions lainnya Borussia Dortmund juga mengistirahatkan 10 pemain intinya yang Rabu pekan lalu sukses menghancurkan Real Madrid 4-1, namun tim lapis keduanya ini sukses menaklukan Fortuna
Dusseldorf 2-1 untuk tetap berselisih delapan poin dari Munich.

Satu tendangan Stefan Kiessling membuat peringkat tiga Bayer Leverkusen menang 1-0 dari Werder Bremen, sedangkan Schalke 04 berada di posisi empat setelah menghabisi Hamburg SV 4-1 diantaranya berkat hatrik Klaas-Jan Huntelaar.

Italia

Juventus menang 2-0 dari Torino untuk unggul 11 poin dari penguntitnya Napoli dan bersiap menggapai juara jika menang dari Palermo minggu depan, sedangkan Napoli sendiri mengalahkan Pescara 3-0.

AC Milan bangkit untuk berbalik unggul 4-2 dari Catania 4-2 untuk terus mengejar jatah ketiga Liga Champions, berkat permainan fantastis Giampaolo Pazzini yang mencetak dua gol, ditambah satu gol penutup dari Mario Balotelli .

Milan kini berada satu poin di atas Fiorentina yang menang 3-0 dari Sampdoria.

Prancis

Paris St Germain selangkah lagi menjadi juara Liga Prancis untuk pertamakalinya sejak 1994 berkat gol semata wayang Javier Pastore saat melawan Evian Thonon Gaillard.

PSG mengoleksi 73 poin dan berada di atas peringkat dua Olympique Marseille yang mengalahlan Lorient 1-0 Sabtu lalu dengan empat laga tersisa.

Olympique Lyon tetap di urutan tiga dengan 60 poin setelah Yoann Gourcuff menyelamatkan timnya dari kekalahan saat melawan pesaing berat St Etienne, 1-1.  St Etienne menempati posisi empat dengan 58 poin.

Belanda

Satu gol dari Kolbeinn Sigthorsson dan gol bunuh diri Tim Gilissen membuat Ajax Amsterdam menang 2-0 dari NAC Breda, untuk kian mendekatkan mereka menjadi juara ketiga kali berturut-turut.

Ajax harus mengalahkan tim papan bawah Willem II Tilburg pekan depan untuk bisa dimahkotai gelar juara lebih cepat.

PSV Eindhoven dan Feyenoord sama-sama menempati ururan dua dan bersaing mendapatkan satu jatah tersisa Liga Champions saat keduanya menang di kandang mereka. PSV membekap Groningen 5-2, sedangkan Feyenoord menggunduli Heracles Almelo 6-0.

Portugal

Playmaker Argentina Lucho Gonzalez dan gelandang Belgia Steven Defour mencetak gol untuk Porto yang menang 2-0 dari Vitoria de Setubal guna memberi mereka tantangan kepada pemuncak liga Benfica.

Porto kini satu poin di bawah Benfica yang Senin ini akan bertandang ke kandang Maritimo di Pulau Madeira.   

Porto mengemas 69 poin hasil dari 27 laga, sedangkan Benfica mengoleksi 70 poin dengan kelebihan satu laga.

Skotlandia

Peringkat kedua Motherwell aman di zona Liga Champions musim depan setelah bangkit mengalahkan juara liga Celtic 3-1.

Celtic memimpin lebih dulu berkat gol Gary Hooper, namun disamakan Henrik Ojamaa untuk kemudian berbalik unggul lewat tendangan penalti Michael Higdon, dan diakhiri oleh gol bunuh diri Fraser Forster.

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2013