Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa menguat pada awal perdagangan Senin, ketika investor menantikan pembacaan inflasi AS yang penting serta keputusan kebijakan moneter dari Bank Sentral Eropa (ECB) pada minggu ini untuk mendapatkan isyarat lebih lanjut mengenai arah suku bunga global.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa terangkat 0,6 persen pada pukul 07.12 GMT setelah merosot hampir 1,0 persen minggu lalu di tengah kekhawatiran mengenai suku bunga AS yang lebih tinggi untuk jangka panjang.

Fokus investor kini tertuju pada data harga konsumen AS untuk Agustus, yang akan dirilis pada Rabu (13/9/2023) dan hasil pertemuan kebijakan ECB pada Kamis (14/9/2023).

Perusahaan pertambangan menjadi kelompok yang mendapat keuntungan terbesar (top gainer) pada Senin, naik 2,2 persen karena harga logam naik di tengah prospek permintaan yang lebih baik dari konsumen utama China.

Di antara saham-saham individu, Covestro melonjak 3,1 persen setelah perusahaan kimia Jerman tersebut mengatakan pada Jumat (8/9/2023) bahwa pihaknya telah mengadakan diskusi terbuka dengan pelamar Abu Dhabi National Oil Company (ADNOC) mengenai pendekatan pengambilalihan.

Baca juga: Saham Eropa dibuka sedikit lebih tinggi setelah aksi jual tujuh hari

Baca juga: Saham Eropa dibuka turun untuk hari ke-7 saat situasi global memburuk

Baca juga: Saham Eropa dibuka turun karena kegelisahan perlambatan ekonomi global

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2023