Jakarta (ANTARA News) - Pereli nasional Rifat Sungkar mulai beradaptasi dengan kendaraan yang akan digunakan pada seri pertama Reli Amerika Oregon Trail Rally di Portland International Raceway, Oregon, 3-5 Mei yaitu Mitsubishi EVO X 2010 hasil karya rumah modifikasi Libra Racing milik John Buffum.

Kendaraan yang akan digunakan ini sebenarnya sudah akrab dengan Rifat Sungkar karena jenisnya sama dengan kendaraan yang digunakan saat turun di kejuaraan Asia Pacific Rally Championship 2011 lalu termasuk saat turun di reli Grup N. Hanya saja, khusus untuk Reli Amerika ada beberapa perbedaan spesifikasi sehingga dibutuhkan proses penyesuaian.

"Banyak hal yang harus disesuaikan di antaranya switch yang berada di dalam kendaraan, melakukan setting posisi duduk, setting lokasi hand-brake, setting lokasi gear lever (tongkat parseneling) dan posisi kemudi," kata Rifat Sungkar pada surat elektronik yang dikirimkan kepada media, Selasa.

Menurut dia, perbedaan lain dengan kendaraan yang selama ini digunakan termasuk saat turun di reli Grup N cukup banyak di antaranya kendaraan yang akan digunakan di Reli Amerika beratnya lebih ringan sekitar 200-250 kg dibandingkan dengan Evo X yang digunakan untuk reli Grup N. Selain itu tenaganya juga lebih besar yaitu mencapai 350 tenaga kuda sedangkan kendaraan grup N hanya 275 tenaga kuda.

"Kalau di Group N, powernya berada di RPM 2.500 hingga 4.500, sementara pada kendaraan ini yang akan dipergunakan di Open Class. Di bawah 3500 RPM sama sekali tidak ada tenaga. Namun mendekati 5.000 RPM powernya langsung terasa hampir 1.5 kali dibandingkan kendaraan Group N," ujar anak pasangan Helmy dan Ria Sungkar itu.

Juara delapan kali reli nasional itu menjelaskan, selain terjadi perbedaan pada berat kendaraan dan tenaganya, kendaraan yang akan digunakan pada Reli Amerika ini juga tidak menggunakan transmisi DOG-BOX sebagaimana pada kendaraan lainnya yang sering dipakai.

Mitsubishi Evo X yang akan digunakan di Reli Amerika, kata Rifat, menggunakan transmisi dengan sistem "sequential shifting" dimana posisi gigi berurutan dari N-1-2-3-4-5, sehingga akan menghilangkan kemungkinan mis-shift karena posisi giginya yang berurutan.

"Makanya saya membutuhkan waktu untuk mencoba perbedaan tenaga kendaraan ini di lapangan, supaya dapat lebih mengerti karakter mesin dan menyesuaikan cara mengemudi," kata suami dari artis Sissy Pricilia itu.

Rifat Sungkar bersama FWRT akan turun di 5 seri di ajang Reli Amerika diawali dengan Oregon Trail Rally, 3 - 5 Mei. Selanjutnya seri Susquehannock Trail Rally, 31 Mei - 1 Juni, New England Forest Rally 26 - 27 Juli, Ojibwe Forests Rally 23 - 24 Agustus, dan diakhiri dengan Lake Superior Performance Rally 18 - 19 Oktober.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2013