Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Senin (18/9), mulai dari Bawaslu menggandeng TikTok untuk mencegah hoaks jelang Pemilu 2024 hingga FISIP Universitas Indonesia menggelar kuliah kebangsaan dengan menghadirkan bakal calon presiden Ganjar Pranowo.

Berikut sejumlah berita bidang politik yang dirangkum ANTARA.

1. Bawaslu gandeng TikTok cegah penyebaran hoaks jelang Pemilu 2024

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menandatangani nota kesepahaman dan kesepakatan (MoU) dengan platform media sosial TikTok dalam upaya mencegah penyebaran ujaran kebencian dan berita bohong atau hoaks menjelang Pemilu 2024.

"Alhamdulillah bisa berkumpul di siang hari ini untuk menyaksikan penandatanganan (MoU). Ini merupakan yang pertama kali bagi TikTok, untuk mewujudkan Pemilu yang sehat. Pemilu sehat tanpa hoaks tanpa fitnah, tanpa kemudian harus melakukan bullying terhadap orang atau siapapun yang maju dalam kontestasi Pemilu," ujar Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja dalam sambutannya di acara penandatanganan MoU itu di Kantor Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Senin.

Selengkapnya di sini.

2. FISIP UI gelar kuliah kebangsaan oleh Ganjar Pranowo

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI) memastikan kehadiran mantan gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk memberikan kuliah kebangsaan di Gedung Balai Serbaguna Purnomo Prawiro, Kampus FISIP UI, Depok, Jawa Barat, Senin.

Dekan FISIP UI Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto mengatakan FISIP UI merupakan kampus dengan kekhususan di bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang harus memainkan perannya sebagai katalis diskusi sehat dan berkualitas, tanpa memihak kelompok mana pun.

Selengkapnya di sini.

3. Anas Urbaningrum belum bisa pastikan arah PKN di Pilpres 2024

Ketua Umum (Ketum) DPP Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Anas Urbaningrum mengaku belum bisa memastikan arah dukungan politik PKN di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Kalau ditanya soal dukungan kami ke siapa nanti di pilpres, jawabnya kami masih timbang-timbang," kata Anas di Kota Ambon, Maluku, Minggu (17/9).

Selengkapnya di sini.

4. Puan: AHY dan Ridwan Kamil sudah tak mungkin dampingi Ganjar

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menyebut sosok Agus Harimurti Yudhoyono dan Ridwan Kamil sudah tidak mungkin mendampingi Ganjar Pranowo sebagai bakal calon wakil presiden seiring dengan perbedaan koalisi.

"Tadinya kan muncul nama Mas AHY, tapi karena Demokrat sudah memutuskan menentukan ke Pak Prabowo, ya, tentu saja sepertinya tak mungkin. Pak RK (Ridwan Kamil) juga, Golkar kan sudah dengan Pak Prabowo," ujar Puan ditemui di Ponpes Al Hamid, Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini.

5. Ketum PAN tetap usul dua bakal cawapres

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan tetap konsisten mengusulkan dua nama bakal calon wakil presiden untuk dipasangkan sebagai pendamping bacapres Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden 2024.

"Bakal cawapres itu sudah jelas, Pak Erick Thohir, nomor dua Pak Muhadjir, udah," katanya usai mengikuti pemusnahan minuman beralkohol dan barang lainnya di Halaman Kantor Balai Pengawasan Tertib Niaga Makassar, Gedung Graha Sucofindo, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin.

Selengkapnya di sini.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2023