Jakarta (ANTARA) - Ketua Pansus Pasca Pemindahan IKN DPRD DKI Jakarta Pantas Nainggolan berharap Wakil Presiden Ma'ruf Amin menjadi Ketua Dewan Kawasan (Dewas) Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak dan Cianjur setelah Ibu Kota Negara (IKN) pindah.

"Harapannya Wapres ditunjuk menjadi semacam Ketua Dewas (Dewan Kawasan) supaya otoritasnya lebih kuat," kata Pantas usai rapat bersama Pansus Pasca Pemindahan IKN DPRD DKI Jakarta di Gedung DPRD DKI di Jakarta, Selasa.

Pantas menilai Wakil Presiden tentunya mampu mengorganisasikan satu kawasan secara baik sehingga pembangunan menjadi harmonis dan mampu menyelesaikan permasalahan Jakarta.

Terlebih, menurut dia, dari istilah Daerah Khusus Jakarta (DKJ) itu nantinya dibuat suatu kekhususan yang menyangkut aspek pemerintahan, keuangan, pendidikan, tata ruang dan transportasi. Selain itu menyangkut DPRD sebagai salah satu fokus kekhususan seperti pada undang-undang yang lama.

Baca juga: Komisi II DPR RI-pemerintah sepakati revisi UU IKN dibawa ke paripurna

Dalam rapat itu juga dibahas aset pemerintah pusat yang dipertahankan, mulai dari gedung DPR, Gelora Bung Karno (GBK), Kemayoran dan sebagainya agar nilainya tetap terjaga.

Karena itu, dalam draf Rancangan Undang-Undang Kekhususan Jakarta itu terdapat usulan dibentuk Dewan Kawasan (Dewas) sebagai otoritas yang mengelola tata ruang Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak dan Cianjur (Jabodetabek Punjur).

"Dewan Kawasan melibatkan Jabodetabek Punjur sebagai suatu tata ruang kawasan pengelolaan yang saya yakin itu bisa memberikan kontribusi positif," tuturnya.

Selain itu, Pantas menuturkan, DPRD DKI wajib terlibat dalam draf Rancangan Undang-Undang Kekhususan Jakarta sehingga dibentuklah panitia khusus (pansus) sebagai wujud keterlibatan.

"Secara teritorial tidak mungkin bicara tata ruang hanya Jakarta, hanya Bogor, hanya Bekasi, ini harus dilihat dalam satu kawasan," tuturnya.

Baca juga: Otorita IKN ajukan tambahan anggaran Rp3,15 triliun ke DPR

Dia menegaskan, adanya persiapan pemindahan ke Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur ini terus melanjutkan proyek nasional transportasi umum mulai dari MRT hingga LRT.

Dengan demikian, Pansus Pasca IKN DPRD DKI Jakarta terus menyambut positif kebijakan dari pemerintah sebagai upaya untuk pemerataan pembangunan demi mewujudkan ruang hidup layak bagi masyarakat.

Dalam kesempatan sama, Sekretaris Daerah DKI Jakarta Joko Agus Setyono menyatakan, pihaknya akan melakukan kerja sama dengan kota penyangga Jakarta.

"Kami bekerjasama dengan kawasan regional Jakarta, dengan daerah sekitar. Seperti yang sudah disampaikan Bappenas, terdiri dari Jakarta, Depok, Bekasi, Bogor, Tangerang dan dikatakan ada uji coba Puncak dan Cianjur," ujar Joko.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2023