Banjarmasin (ANTARA News) - Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurti mengatakan pada 2020 Kalimantan bakal menjadi penghasil CPO terbesar nasional mengalahkan Sumatra yang kini menjadi provinsi terbesar penghasil minyak kelapa sawit tersebut.

Bayu di Marabahan Kabupaten Barito Kuala Kalimantan Selatan, Selasa mengungkapkan, saat ini perkembangan perkebunan dan industri sawit di Kalimantan antara lain di Kalimantan Selatan cukup pesat.

Kondisi tersebut, kata dia, akan membawa dampak bagi pertumbuhan ekonomi Kalimantan yang cukup pesat dan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat, bila pemerintah mampu mengelola dengan baik.

Sebagai contoh, kata dia, saat ini di Kabupaten Barito Kuala telah ada tiga industri CPO, padahal sebelumnya, Batola merupakan daerah yang hanya dikelilingi lahan rawa.

Kondisi tersebut, kata dia, juga bakal menumbuhkan peluang-peluang baru bagi Batola, antara lain daerah ini bisa dibangun Depo CPO sekala regional, sehingga ekspor bis dilakukan langsung dari Batola.

"Kesempatan-kesempatan yang bisa diciptakan tersebut, yang akan terus kita perjuangkan, untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah," katanya.

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2013